Secure Email Services

Kita sudah membahas mengenai adanya kemungkinan waktu pengakuan yang berbeda antara penerimaan kas dan pengakuan pendapatan. Kas bisa diterima sebelum pengakuan pendapatan, ini bisa menimbulkan potensi deferred revenue. Kas juga bisa diterima setelah pengakuan pendapatan, hal ini bisa menimbukan potensi accrued revenue.

Hal yang sama bisa terjadi pada expense atau pembebanan di mana kas bisa dikeluarkan sebelum pengakuan pembebanan dan juga kas bisa dikeluarkan setelah pengakuan pembebanan. Jika kas dikeluarkan sebelum pengakuan pembebanan maka dapat menimbulkan potensi deferred expense. Jika kas dikeluarkan setelah pengakuan pembebanan maka akan menimbulkan potensi accrued expense.

Dengan demikian maka ada 4 jenis penyesuaian berkaitan dengan perbedaan waktu penerimaan kas dan pengakuan pendapatan dan juga perbedaan waktu pengeluaran kas dan pengakuan pembebanan yaitu

  1. Deferred Revenue
    Terjadi pada saat pelanggan membayar uang muka. Pada saat penerimaan uang muka maka akan dicatat sebagai kewajiban. Jika barang atau jasa kemudian dikirimkan kepada pelanggan maka perlu penyesuaian pengakuan pendapatan. Inilah yang disebut deferred revenue.
  2. Accrued Revenue
    Model bisnis barang dikirim dahulu dan pembayaran di kemudian hari juga merupakan model bisnis yang biasa. Pada saat pengiriman barang atau jasa inilah pendapatan harus diakui meskipun belum ada penerimaan pembayaran. Inilah yang disebut accrued expense
  3. Deferred Expense
    Dalam menjalankan bisnisnya perusahaan akan membeli peralatan-peralatan kantor. Pada saat pembelian peralatan-peralatan ini maka tentu akan dicatat sebagai aset. Selama tahun berjalan tentu ada pemakaian alat-alat kantor ini. Pada akhir periode perlu dihitung peralatan-peralatan yang dipakai ini. Hal inilah yang akan dicatat pada jurnal penyesuaian untuk deferred expense.
  4. Accrued Expense
    Perusahaan biasanya akan menerima tagihan listrik maupun tagihan air setelah bulan berjalan berakhir. Tagihan ini harusnya dibebankan pada bulan berjalan tersebut. Inilah yang dapat menyebabkan jurnal penyesuan jenis accrued expense

Untuk dapat menjalankan bisnisnya secara lebih lancar maka perusahaan dapat mengotomatisasi jurnal-jurnal penyesuaian dengan peneraman ERP atau Enterprise Resources Planning.  Supaya jurnal-jurnal di atas dapat dijalankan secara otomatis maka perusahaan perlu menjalankan

  1. Proses bisnis sales_deposit dan sales_delivery untuk mencatat secara otomatis jurnal deferred revenue
  2. Proses bisnis sales_delivery dan sales_payment untuk mencatat secara otomatis jurnal accrued revenue
  3. Proses bisnis purchase_deposit dan consume_order untuk mencatat secara otomatis deferred expense
  4. Proses bisnis purchase_invoice dan purchase_payment untuk mencatat secara otomatis accrued expense

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Empat Jenis Jurnal Penyesuaian dalam Akuntansi
× Ada yang dapat saya bantu ?