Secure Email Services

Dalam menjalankan bisnisnya pasti banyak kegiatan bisnis yang dilakukan perusahaan dalam mencari pelanggan dan menyediakan jasa dan produknya kepada pelanggan-pelanggan. Berkaitan dengan akuntansi keuangan tentu tidak semua aktifitas tersebut dicatat sebagai transaksi yang berdampak pada laporan keuangan. Akuntansi keuangan atau financial accounting tentu hanya berfokus kepada aktifitas-aktifitas yang mempunyai dampak ekonomi kepada perusahaan.

Langkah pertama dalam pencatatan aktifitas-aktifitas pada akuntansi keuangan ini adalah memilah-milah mana yang masuk ke transaksi keuangan. Langkah berikutnya adalah menentukan  aset mana yang dipengaruhi,  atau liabilitas yang dipengaruhi, pendapatan yang dipengaruhi,  beban yang dipengaruhi atau ekuitas yang dipengaruhi.

Event-event yang termasuk dalam aktifitas bisnis yang termasuk dalam aktifitas transaksi dalam financial accounting adalah

  1. Event eksternal
    Event eksternal ini antara lain penjualan ke pelanggan dan juga pembelian barang ke supplier.  Pada kegiatan ini ada pertukaran aset atau pertukaran aset dengan janji pembayaran di masa depan. Termasuk juga dalam event eksternal adalah peminjaman uang ke kreditor misalnya ke bank oleh perusahaan.
  2. Event internal
    Event internal dalam perusahaan misalnya adjustment biaya dibayar dimuka sebagai contoh penyesuaian sewa dibayar dimuka menjadi beban sewa, pembebanan depresiasi, pencatatan hutang gaji dan sebagainya

Demikianlah pengantar mengenai aktifitas-aktifitas bisnis yang mempengaruhi laporan keuangan.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Aktifitas Bisnis yang Berdampak pada Laporan Keuangan
× Ada yang dapat saya bantu ?