Secure Email Services

Kita sudah mempelajari bahwa perbedaan pengakuan beban dan pengeluaran kas membuat staf akuntansi harus membuat AJE (Adjusting Journal Entry) atau jurnal penyesuaian pada akhir periode akuntansi supaya laporan keuangan pada income statement maupun balance sheet menunjukkan angka yang sesuai dengan keadaan keuangan perusahaan. Artikel kali kita akan membicarakan mengenai deferred expense atau biaya yang ditangguhkan atau beban tertunda.

Deferred expenses atau biaya ditangguhkan dalam akuntansi yang biasa terjadi adalah

  1. Biaya kantor
    Dalam menjalankan aktivitas bisnisnya maka pada awal tahun mungkin akan membeli kertas, alat tulis, tinta dan keperluan-keperluan lainnya. Karena penggunaan yang sedikit demi sedikit maka perusahaan biasanya tidak mencatat mengenai penggunaannya secara real time. Pada akhir periode maka perlu dilakukan stock opname untuk mencatat penggunaannya. Pada aplikasi Ultima ERP kita dapat memasukkan transaksi ini ke stock_adjustment kategory Consume Order.
  2. Beban dibayar di muka
    Pada saat berjalannya operasional perusahaan kita mungkin membayar sewa di muka setahun penuh, atau asuransi setahun penuh. Sewa atau asuransi dibayar di muka ini akan dibukukan sebagai aset. Pada akhir periode maka perlu disesuaikan mana bagian dari sewa dan asuransi yang sudah harus dibukukan sebagai biaya atau beban. Pada aplikasi Ultima ERP kita dapat melakukan manajemen melalui Prepaid Expense untuk melakukan pembebanan sesuai jadwalnya.
  3. Penyusutan atau depresiasi
    Pembelian alat-alat berharga mahal biasanya dapat dipakai bertahun-tahun sehingga pembebanan dilakukan pada beberapa periode akuntansi. Dengan demikian maka pada akhir periode perlu membuat jurnal penyesuaian untuk mencatat beban penyusutan. Pada Ultima ERP kita dapat membuat jurnal otomatis dengan menambah aset, menerapkan transaksi-transaksi dalam menentukan nilai buku, penyesuaian nilai buku, penentuan masa pemakaian, penentuan nilai residu dan juga penjadwalan pembebanan penyusutan

Demikianlah penjelasan mengenai juurnal penyesuaian pada biaya yang ditangguhkan dalam pembukuan akuntansi yang biasa terjadi dalam perusahaan. Jurnal penyesuaian ini dapat dibuat otomatis dengan menggunakan Ultima ERP.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Biaya Ditangguhkan pada Jurnal Penyesuaian
Tagged on:
× Ada yang dapat saya bantu ?