Secure Email Services

Kita mengetahui bahwa kas memegang peranan penting bagi operasional perusahaan. Sumber pemasukan kas dapat berasal dari penjualan ke pelanggan, penyetoran modal dari pemilik, meminjam bank, penjualan aset tidak lancar perusahaan. Demikian juga pengeluaran kas perusahaan dapat terjadi pada pembayaran kepada supplier, pembayaran beban-beban perusahaan, pembayaran gaji karyawan, pembayaran cicilan dan bunga pinjaman, pembayaran dividen, pembelian saham ke perusahaan lain maupun pembelian aset tidak lancar perusahaan.

Pada laporan arus kas atau statement of cash flow kita dapat membedakan arus kas ke dalam tiga kategori yaitu

  1. Operating activities
    Arus kas pada operating activities ini terdiri dari pembayaran kepada supplier, penerimaan pembayaran dari pelanggan, pembayaran bunga pinjaman, pembayaran gaji karyawan dan pembayaran beban-beban lain perusahaan yang masuk dalam operating activities
  2. Investing activities
    Pada investing activities ini kita akan membicarakan mengenai pembayaran kas untuk pembelian dan penjualan aset jangka panjang atau aset tidak lancar perusahaan.
  3. Financing activities
    Aktifitas-aktifitas yang masuk dalam financing activities ini adalah penerimaan dari setor modal, penerimaan kas yang berasal dari pinjaman bank, pembayaran dividen, pembayaran cicilan bank, pembelian kembali stock perusahaan

Perusahaan yang sehat akan banyak arus kas masuk dari operating activities karena inilah jantung dari bisnis perusahaan.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Tiga kategori aliran kas perusahaan
× Ada yang dapat saya bantu ?