Secure Email Services

Pada artikel sebelumnya kita telah mempelajari persamaan akuntansi dasar sebagai berikut

Aset = Liability + Equity.

Dari persamaan tersebut maka untuk menambah aset maka kita menambah sisi kiri, jika menambah liability atau menambah hutang maka kita menambah di sisi kanan, jika menambah modal maka kita juga menambah di sisi kanan. Secara praktis juga untuk menambah aset maka kita melakukan debit pada aset, untuk menambah hutang maka kita melakukan credit pada liability, untuk menambah modal kita melakukan credit pada equity. Jadi apakah maksud debit dan credit ini ?

Dari penjelasan di atas maka secara sadar kita memahami bahwa debit adalah sisi kiri dan credit adalah sisi kanan. Kemudian bagaimana jika ternyata ada pengurangan aset, pengurangan hutang, atau pengurangan modal.

Untuk pengurangan modal maka terjadi sebaliknya yaitu credit pada aset, untuk pengurangan hutang juga terjadi sebaliknya yaitu debit pada hutang, untuk pengurangan modal juga dilakukan dengan debit pada modal.

Pada debit dan credit ini juga berlaku balance pada setiap transaksi. Pada setiap entry pasti ada bagian debit dan ada bagian credit.  Nilai jumlah atau amount dari debit juga harus sama dari jumlah dari credit. Dengan demikian maka pada setiap kali posting maka jumlah debit akan sama dengan jumlah credit dan persamaan dasar akuntansi tersebut akan selalu terjaga.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda

Debit Credit pada Transaksi
× Ada yang dapat saya bantu ?