Secure Email Services

Setelah kita membahas mengenai pengertian pendapatan dalam akuntansi maka kita akan melanjutkan dengan pembahasan pengertian beban pada akuntansi. Banyak orang kebingungan membedakan antara pengeluaran dan beban. Perusahaan dapat melakukan pengeluaran kas untuk membayar listrik, membayar gaji karyawan dan juga untuk membeli barang dagangan. Tetapi pengeluaran kas tidak berarti beban misalnya pembelian barang  dagangan secara tunai tidak akan dicatat sebagai beban tetapi sebagai pengurangan aset kas dan penambahan aset barang dagangan.

Pengertian beban adalah pengeluaran aset atau penambahan kewajiban pada perusahaan yang terjadi dalam rangka membuat pendapatan. Sebagai contoh dari beban adalah beban listrik, penggunaan bahan makanan dalam restoran pada saat menyajikan makanan,  maupun penggunaan kertas untuk pengiriman tagihan kepada pelanggan.

Beban atau expense dapat terjadi bersamaan pengeluaran kas, sebelum pengeluaran kas, atau sesudah pengeluaran kas. Contoh beban yang terjadi pada saat pengeluaran kas misalnya pembayaran listrik, contoh beban yang terjadi sebelum pengeluaran kas adalah beban gaji, contoh beban yang terjadi setelah pengeluaran kas adalah pembebanan depresiasi.

Beberapa kategori beban dalam akuntansi adalah

  1. Harga pokok penjualan
    Perusahaan dagang biasanya akan membuat laporan penjualan. Penjualan ini kemudian dikurangi dengan harga pokok penjualan atau COGS (Cost of Goods Sold) dan akan menghasilkan Gross Profit.
  2. Beban penjualan dan administratif
    Gross Profit kemudian akan dikurangi beban penjualan dan beban administratif dan akan menghasilkan Operating Income.
  3. Beban lain-lain
    Operating income ini kemudian akan dikurangkan dengan beban lain-lain misalnya biaya administrasi bank dan menghasilkan beban sebelum pajak atau Before Tax Income.
  4. Beban pajak
    Before Tax Income ini kemudian dikurangi beban pajak dengan menghasilkan Net Income.

Contoh penyajian beban-beban tersebut dalam Income Statement dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Demikianlah pengantar mengenai pengertian beban pada akuntansi.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian beban pada akuntansi
× Ada yang dapat saya bantu ?