Secure Email Services

Secara umum dalam kehidupan pribadi kita memahami pendapatan adalah uang yang masuk pada awal bulan dan kita akan memeriksa pengeluaran-pengeluaran dan akan melihat saldo akhir bulan. Jika saldo akhir bulan ini lebih besar daripada saldo akhir bulan lalu maka berarti pendapatan bulan ini lebih besar dari pada pengeluaran bulan ini. Sebaliknya jika saldo akhir bulan ini lebih kecil dari pada saldo akhir bulan lalu maka berarti pengeluaran bulan ini lebih besar dari pada pendapatan bulan ini.

Dengan pola pikir ini maka ada yang menggunakan pembukuan suatu usaha dengan cah basis accounting. Pada cash basis accounting ini pendapatan dicatat atau diakui pada saat pembayaran kas diterima dan pengeluaran dicatat atau diakui pada saat pembayaran dikeluarkan. Jika perusahaan hanya melakukan penjualan dan pembelian tunai maka hal ini tidak menjadi masalah.

Tetapi jika perusahaan melakukan penjualan secara kredit maka tentu akan menimbulkan pemahaman yang keliru pada kondisi perusahaan jika menerapkan cash basisi accounting. Misalnya perusahaan mengirim barang yang telah dipesan pada bulan Januari dan pelanggan membayar pada bulan Februari. Dalam cash basis accounting maka pendapatan akan dicatat pada bulan Februari. Jika laporan ini dibaca oleh manajemen maka dapat dibaca bahwa Februari lebih banyak penjualan dari pada Januari. Kesalahan pemahaman kondisi perusahaan ini dapat mengakibatkan pengambilan keputusan yang salah misalnya dalam penyiapan tenaga kerja maupun dalam aktifitas pemasaran perusahaan.

Dengan demikian maka cash basis accounting ini tidak baik digunakan dalam perusahaan yang modern. Di sinilah perusahaan menerapkan accrual basis accounting. Pada accrual basis accounting ini pendapatan atau revenue akan diakui dan dicatat pada saat transaksi yang menyebabkan pendapatan terjadi. Begitu juga pada accrual basis accounting ini, expense akan dicatat pada saat transaksi yang menyebabkan expense ini terjadi. Dengan demikan revenue atau expense akan diakui pada saat terjadinya transaksi bukan pada saat dibayar.

Demikianlah pengantar mengenai cash basis accounting dibandingkan dengan accrual basis accounting.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Akuntansi Berbasis Kas vs Akuntansi Berbasis Akrual
× Ada yang dapat saya bantu ?