Secure Email Services

Setiap perusahaan pasti akan mencari keuntungan dalam menjalankan bisnisnya. Di sini perusahaan yang serius berbisnis pasti akan serius mengamati berapa persen dari penjualan yang menghasilkan profit. Makin tinggi profit dihasilkan maka perusahaan memiliki kemungkinan kesehatan keuangan yang baik jika didukung juga dengan laporan arus kas positif yang besar.

Secara persamaan
Net Profit Margin = Net Income / Net Sales.

Contoh informasi Net Profit Margin yang ada pada aplikasi Proweb Ultima ERP adalah seperti gambar di bawah ini

Perusahaan yang memiliki pengelolaan keungan yang bagus akan berusaha memperbesar pendapatan dan mengurangi beban. Secara lebih detail maka perusahaan akan berusaha meningkatkan Net Sales dan mengurangi beban-beban yang terjadi untuk meningkatkan Net Income sehingga meningkatkan Net Profit Margin.

Untuk mengevaluasi kinerja perusahaan dari waktu ke waktu perusahaan juga dapat membandingkan Net Profit Margin dari satu periode ke periode berikutnya. Dengan perbandingan ini maka kita dapat menilai periode mana yang memiliki pengelolaan yang baik, kemudian kita dapat melihat detail bagaimana bisa meningkatkan penjualan ataupun mengurangi beban pada periode yang memiliki kinerja yang baik tersebut. Dengan demikian maka Net Profit Margin dapat dijadikan sebagai acuan evaluasi pengelolaan perusahaan.

Ada baiknya juga kalau kita bisa membandingkan Net Profit Margin perusahaan kita dengan perusahaan yang sejenis. Mungkin dari perbandingan yang kita buat dengan perusahaan lain yang memiliki jenis usaha yang sama kita dapat menangkap ide-ide baru untuk meningkatkan kinerja perusahaan kita.

Demikianlah pengantar mengenai Net Profit Margin dalam akuntansi terlebih lagi di dalam akuntansi keuangan atau financial accounting.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian Net Profit Margin dalam Akuntansi
× Ada yang dapat saya bantu ?