Secure Email Services

Kita sudah membahas mengenai expense matching principle. Pada saat mencatat pendapatan kita akan mempertimbangkan berbagai beban yang memang terjadi dalam rangka memperoleh revenue. Pada saat pembebanan mungkin akan disertai dengan pembayaran. Pembayaran ini dapat terjadi sebelum pembebanan, bertepatan dengan pembebanan dan juga setelah pembebanan.

Kita sudah membahas mengenai pembayaran sebelum pembebanan, pembayaran bertepatan dengan pembebanan dan pada kali ini kita akan membahas mengenai pembayaran setelah pembebanan. Contoh sehari-hari yang biasa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari adalah pembayaran listrik pada awal bulan, pembayaran air pada awal bulan dan penggunaan-penggunaan sarana umum lainnya.

Perusahaan biasanya menggunakan listrik pasca bayar dimana perusahaan akan menggunakan fasilitas listrik selama satu bulan kemudian pada awal bulan setelahnya akan mendapat tagihan dan kemudian melakukan pembayaran. Pada pembukuan akuntansi yang benar maka tagihan pembebanan listrik ini akan dibukukan pada akhir bulan dan pembayaran akan dibukukan pada bulan berikutnya yaitu pada saat pembayaran. Dengan cara ini maka pengakuan beban akan dicatat lebih dahulu dan pembayaran akan dibukukan belakangan pada bulan selanjutnya.

Hal yang sama berlaku pada tagihan air. Perusahaan akan menggunakan air dan pada awal bulan berikutnya akan menerima tagihan dan tentu membayar. Pembukuan akuntansi yang benar akan memasukkan beban penggunaan air pada bulan ini dan pembukuan pembayaran pada bulan selanjutnya.

Hal lain pada pembebanan dahulu adalah pencatatan hutang gaji pada akhir bulan. Pembebanan hutang gaji akan dibukakan pada akhir bulan dan pembayaran gaji akan dilakukan pada bulan selanjutnya.

Secara umum pembukuan akuntansi pada bulan sebelumnya adalah beban pada hutang dan pada bulan selanjutnya adalah hutang pada kas. Atau pada bulan sebelumnya transaksi yang terjadi adalah debit pada beban dan credit pada hutang dan bulan selanjutnya adalah debit pada hutang dan credit pada kas.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Pembayaran setelah Pembebanan pada Pembukuan Akuntansi
× Ada yang dapat saya bantu ?