Secure Email Services

Salah satu syarat agar perusahaan dapat bertumbuh sehat adalah memiliki kinerja keuangan yang sehat.  Kinerja keuangan yang sehat ini tentu meliputi kesehatan secara laporan keuangan dan juga sehat secara operasional. Di sini perusahaan perlu memastikan bahwa pembukuan akuntansi sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi dan ada pengawasan yang baik pada aset-aset perusahaan. Pada artikel kali ini kita akan mambahas pihak-pihak yang berkaitan proses komunikasi akuntansi.

Pihak-pihak yang berhubungan dengan proses komunikasi akuntansi adalah

  1. Dewan Regulasi
    Pemerintah dapat menetapkan dewan regulasi untuk perusahaan publik dalam menjalankan bisnisnya maupun pelaporan keuangan. Dewan regulasi perlu membuat aturan-aturan agar para investor mendapat informasi yang transparan dan tidak dirugikan oleh kecurangan laporan keuangan.
  2. Manajer (CEO, CFO dan staf akuntansi)
    Chief Executive Officer atau CEO, Chied Financial Officer dan staf akuntansi bertanggung jawab dalam menyajikan laporan keuangan yang bebas dari fraud atau tidak mengandung kecurangan. CEO merupakan pemimpin perusahaan, CFO merupakan manajer keuangan tertinggi perusahaan, staf akuntansi merupakan staf yang memastikan data yang disajikan dalam laporan keuangan perusahaan akurat.
  3. Board of Directors
    Board of Directors ini dipilih oleh pemegang saham untuk mengawasi CEO dalam menjalankan operasional perusahaan.
  4. Auditor
    Auditor ini akan mengaudit atau mengecek apakah perusahaan sudah menjalankan tata kelola yang baik dalam menjalankan operasional bisnisnya dan juga mengaudit apakah laporan keuangan yang disajikan oleh perusahaan dapat diterima tanpa ada indikasi kecurangan. Di sini muncullah perusahaan-perusahaan auditor terkemuka yang memiliki jasa mengaudit perusahaan publik.

Demikianlah penjelasan mengenai pemangku-pemangku kepentingan dalam proses komunikasi akuntansi. Dengan adanya pemangku-pemangku kepentingan ini maka diharapkan perusahaan publik sehat dan terus bertumbuh. Perusahaan non publik pun dapat meniru pengawasan-pengawasan di atas agar perusahaan sehat dan terus bertumbuh.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Pihak-pihak dalam Proses Komunikasi Akuntansi
× Ada yang dapat saya bantu ?