Secure Email Services

Analisa transaksi merupakan proses pengamatan transaksi untuk menentukan efek ekonomi pada entitas berkaitan dengan persamaan akuntansi atau accounting equation. Analisa transaksi ini juga disebut dengan fundamental accounting model.

Persamaan akuntansi adalah

Aset = Liability + Equity.

Dua prinsip dari analisa transaksi adalah

  1. Dual effects
    Pada setiap transaksi harus melibatkan minimal dua akun. Secara praktis akan ada akun-akun yang menjalankan transaksi debit dan ada akun-akun lain yang menjalankan transaksi credit.
    Transaksi bisa saja terjadi pada Aset saja misalnya pembelian secara kas sebuah barang dagangan, di mana akan mendebit barang dagangan dan mengkredit kas. Pada pembelian kredit akan mendebit barang dagangan dan mengkredit hutang dagang demikian seterusnya.
  2. Balance pada persamaan akuntansi
    Setelah transaksi dijalankan maka harus balance dalam arti bahwa persamaan akuntansi tadi berlaku dengan akurat. Supaya akurat maka pada setiap transaksi jumlah debit harus sama dengan jumlah credit. Tentu saja kita harus dapat mengelompokkan akun-akun mana yang menjalankan transaksi debit dan akun-akun mana yang menjalankan transaksi debit. Di sini kita harus dapat mengelompokkan dengan akurat dan juga membukukan angka dengan akurat juga.

Demikianlah pengantar mengenai prinsip-prinsip analisa transaksi. Prinsip-prinsip ini merupakan hal mendasar yang harus dipahami oleh siapa saja yang mau belajar akuntansi. Dengan keakuratan dalam menjalankan prisnip-prinsip yang ada di sini maka akan menghasilkan laporan income statement yang akurat, laporan stockholder equity yang, laporan balance statement yang akurat akurat dan laporan cashflow statement yang akurat.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda

Prinsip-prinsip analisa transaksi
× Ada yang dapat saya bantu ?