Secure Email Services

Balance scorecard merupakan strategi perusahaan mengelola sumber daya, aktivitas dan karyawan-karyawan untuk mencapai gol perusahaan dengan membuat keseimbangan berbagai penekanan dalam perusahaan. Dari frase yang digunakan kita melihat adanya kartu-kartu penilaian pada beberapa point yang seimbang.

Dalam melakukan strategic planning dan management, perusahaan membuat keseimbangan dalam balance scorecard yang meliputi aspek

  1. Keuangan atau Financial
    Perusahaan harus merencanakan, melaksanakan dan mengevalusia target keuangan perusahaan. Target keuangan dapat berupa peningkatan pendapatan,  pengurangan biaya, peningkatan keuntungan, peningkatan arus kas masuk dan sebagainya. Kita tahu bahwa kesehatan keuangan ini merupakan aspek mpenting hidup matinya perusahaan.
  2. Pelanggan atau Customer
    Kita juga perlu memperhatikan bagaimana pelanggan melihat perusahaan kita. Jika pelanggan melihat secara positif kepada perusahaan kita maka akan ada kemungkinan peningkatan penjualan perusahaan. Tentu saja ada faktor harga dan kualitas barang dan layanan yang akan diperhatikan pelanggan, tetapi cara pandang pelanggan yang positif ini merupakan langkah awal calon pelanggan mempertimbangkan produk dan layanan kita.
  3. Internal Process
    Perusahaan harus memiliki keunggulan proses internal supaya dapat bersaing dengan perusahaan lain. Dengan keunggulan proses internal ini maka perusahaan dapat menyediakan produk dan layanan dengan harga dan kualitas yang sesuai harapan pelanggan.
  4. Peningkatan kualitas secara terus-menerus
    Di sini perusahaan harus melakukan peningkatan kualitas sumber daya, infrastruktur dan teknologi untuk menghasilkan produk dan jasa dengan kualitas yang semakin baik dan juga strategi harga yang semakin baik

Dengan adanya balance scorecard ini maka perusahaan memiliki pedoman dalam menjalankan aktivitas perusahaan. Perusahaan memiliki peluang membuat perencanaan yang baik dan memiliki pedoman operasional sehari-hari yang didasarkan pada balance scorecard ini. Perusahaan juga bisa membuat prioritas dalam membuat perencanaan dan target dengan adanya balance scorecard ini. Untuk evaluasi yang baik perusahaan dapat mengukur performance dan membandingkannya dengan target.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. https://www.balancedscorecard.org/BSC-Basics/About-the-balanced-scorecard
2. https://en.wikipedia.org/wiki/Balanced_scorecard .

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian balance scorecard
× Ada yang dapat saya bantu ?