Secure Email Services

Kalau kita memahami frase differential cost ada biaya perbedaan. Biaya perbedaan ini dapat terjadi misalnya karena kita akan memilih satu dari beberapa pilihan atau kita bisa juga pada saat kita ingin meningkatkan jumlah produksi barang maupun meningkatkan jumlah layanan yang akan dilayani

Berkaitan dengan artikel-artikel dengan sebelumnya yang membahas pilihan-pilihan dalam pengambilan keputusan, maka differential cost ini merupakan perbedaan biaya dari alternatif-alternatif yang dipilih. Sebagai contoh jika kita ingin memiliki pilihan mau menyewa rumah di Jakarta Barat sebesar 20 juta per tahun, atau menyewa rumah di Jakarta Selatan sebesar 25 juta per tahun maka kita dapat menyimpulkan bahwa differential cost antara menyewa rumah di Jakarta Barat dengan Jakarta Selatan adalah 25 juta – 20 juta = 5 juta.

Kita juga mengenal istilah incremental cost. Seperti istilahnya ini adalah peningkatan biaya. Pada contoh kasus di atas maka jika kita memilih menyewa Jakarta Selatan maka incremental costnya adalah 25 juta – 20 juta = 5 juta.

Atau mungkin pada saat kita meningkatkan produksi dari 100 ke 200 notebook. Jika padtaa produksi 100 membutuhkan 200 juta, kemudian pada saat meningkatkan produksi 200 notebook membutuhkan 300 juta maka diffential costnya adalah (300 – 200) juta = 100 juta untuk penambahan kapasitas produksi 100 notebook.

Penerapan lain daripada differential cost adalah saat kita mempertimbangkan mengoutsource suatu pekerjaan kepada vendor ataukah mengerjakan pekerjaan itu di dalam perusahaan kita sendiri.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian differential cost
× Ada yang dapat saya bantu ?