Secure Email Services

Pada saat kita mempelajari mengenai job cost record maka kita akan mempelajari direct material. Bagian produksi akan meminta direct material ini ke gudang bahan baku. Perusahaan perlu mendokumentasikan proses ini untuk keperluan pengawasan dan tentu saja administrasi yang lebih baik.

Proses-proses produksi yang berhubungan dengan direct material request ini adalah

  1. Pembuatan production_order

  2. Pembuatan production_material_request

  3. Approval dan release production_material_request

  4. Receive material pada proses production_material_request dari gudang bahan baku ke lokasi produksi
  5. Membuat production_material_return  jika ada bahan baku yang perlu dikembalikan
  6. Proses ini akan dibuat ringkasannya  dalam production_material

Itulah proses-proses yang ada dalam penanganan direct material dalam batch production manufaktur. Pada perusahaan yang sudah tertata rapi akan mengumpulkan informasi mengenai outstanding sales, sales forecast dan stok barang jadi kemudian dijadikan acuan dalam membuat secara otomatis production order. Jika diinginkan dari production order ini juga bisa langsung secara otomatis membuat direct material request. Dan jika stok direct material ternyata tidak cukup maka bisa langsung otomatis membuat purchase request secara otomatis.

Kita mungkin bertanya bagaimana dengan dengan barang yang bukan merupakan direct material sebagai contoh lem dan isolasi ? Sekaleng lem bisa dipakai misalnya dalam 100 production order, di sini maka permintaan lem tidak dimasukkan ke dalam direct material request tetapi ke overhead material request.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Direct material request dalam batch production
× Ada yang dapat saya bantu ?