Secure Email Services

Secara umum perusahaan pasti memiliki gol atau target dalam menjalankan usaha bisnisnya. Dalam mengambil keputusan-keputusan perusahaan perlu memiliki informasi. Informasi yang dibutuhkan manajemen meliputi keuangan, produksi, pemasaran, aspek hukum dan aspek lingkungan. Di sinilah akuntansi manajemen akan menyediakan informasi-informasi yang diperlukan dalam pengambilan keputusan.

Pengertian akuntansi manajemen adalah proses identifikasi, mengukur , menganalisa, menginterpretasikan dan mengkomunikasikan sesuai target perusahaan yang  akan dicapai. Akuntansi manajemen merupakan bagian integral dari proses manajemen. Perusahaan yang tertata rapi akan mengambil keputusan yang mempertimbangkan data-data dan informasi yang dihasilkan oleh akuntansi manajemen. Dengan dengan demikian manajer-manajer perusahaan harus memperhatikan data-data dan informasi yang dihasilkan dari akuntansi manajemen.

Perusahaan akan menggunakan sumber daya yang dipunyai, melakukan aktivitas dan karyawan-karyawan dalam mencapai target perusahaan secara efektif. Pemilik perusahaan, direktur  dan  komisaris menetapkan dan mengerjakan target perusahaan dengan bantuan manajemen. Di sini manajeman akan melakukan

    1. Membuat keputusan atau decision making
      Pada tahap ini ada beberapa alternatif kemudian manajemen memutuskan alternatif mana yang akan dipilih.
    2. Perencanaan atau planning
      Setelah mengambil keputusan tentu membuat detail perencanaan
    3. Mengarahkan aktivitas operasional perusahaan atau directing operational activities
      Pada tahap ini perusahaan melaksanakan apa yang telah direncanakan dan mengarahkan pemakaian sumber daya supaya efisien dan menguntungkan perusahaan
    4. Pengawasan atau controlling
      Di sini manajemen malakukan pemantauan dan pengawasan apakah operasional perusahaan telah berjalan seperti yang telah direncanakan.

Tentu saja banyak sumber informasi yang diperlukan dalam manajemen melakukan keempat hal di atas. Sumber informasi itu situasi ekonomi global dan lokal, analisa financial expert, kekuatan pemasaran dan produksi dan sistem informasi akuntansi manajemen. Di sinilah terlihat bahwa akuntansi manajemen berperan dalam setiap langkah perusahaan.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Fungsi akuntansi manajemen dalam manajemen
× Ada yang dapat saya bantu ?