Secure Email Services

Secara mudah kita dapat memahami kapasitas produksi adalah kapasitas atau kekuatan perusahaan memproduksi barang dan jasa dalam suatu jangka tertentu dan dapat dibatasi lagi pada suatu lokasi produksi. Untuk perusahaan yang tertata rapi maka akan benar-benar memperhitungkan kapasitas produksi untuk membuat perkiraan potensi pendapatan yang mungkin didapatkan perusahaan.

Sebagai contoh kita akan membahas mengenai kapasitas produksi sebuah kedai kopi. Andaikata ada kedai kopi di mall yang menjual sebuah kopi susu seharga 20.000 .  Kedai kopi ini memiliki sebuah outlet di mall dengan seorang pegawai yang melayani pada setiap shift. Pegawai ini dapat membuat kopi dengan waktu mulai dari pelanggan datang, meracik, membayar dan memberikan kembalian selama total 6 menit.  Dengan demikian maka pegawai tersebut dapat membuat kopi satu jam sejumlah 60 menit/6 = 10 kopi perjam.

Misal kedai kopi ini membuka outlet pada jam 10.00 dan tutup pada jam 22.00 maka kapasitas produksinya adalah 10 kopi x 12 = 120 kopi . Kemudian kapasitas produksi outlet itu dalam 1 bulan atau 30 hari adalah 120 x 30 = 3600 kopi. Jika harga setiap kopi adalah 20.000 maka maksimum peluang penghasilan perbulan adalah Rp 20.000 x 3600 = 72.000.000.

Kita juga dapat menghitung omset per hari, kemudian dibuat satu bulan. Jika dalam satu jam bisa menghasilkan 10 kopi, maka dalam satu jam bisa menghasilkan Rp 200.000. Dalam satu hari bisa menghasilkan omset Rp 200.000 x 12 = Rp 2.400.000 atau 2,4 juta per hari. Dalam sebulan maka omset bisa 2,4 juta x 30 = 72 juta.

Itulah contoh kapasitas produksi dari sebuah outlet. Untuk perhitungan kapasitas produksi ini kita harus memperhitungkan kondisi normal atau practical capacity bukan kondisi ideal. Dalam kondisi ideal tentu tidak ada kemungkinan pemanas kopi ini rusak. Nah dalam penghitungan kapasitas produksi ini kita harus memperhitungkan kondisi normal di mana mungkin saja ada gangguan misalnya mesin macet atau mencari uang kembalian dan lain sebagainya.

Artikel lain yang berhubungan dengan pembahasan ini adalah https://www.proweb.co.id/articles/mgacc/lembur_kosong.html

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian kapasitas produksi

One thought on “Pengertian kapasitas produksi

Comments are closed.

× Ada yang dapat saya bantu ?