Secure Email Services

Untuk membantu manajemen dalam penataan biaya maka akuntansi manajemen mengklasifikaskan biaya dalam area-area fungsional yaitu manufacturing, pemasaran, administrasi dan RND ( Riset and Development).

Sedangkan untuk manufacturing diklasifikasikan menjadi

  1. Direct Material
    Direct Material ini merupakan raw material atau bahan baku yang digunakan dalam proses produksi mudah ditelusuri sebagai penyusun barang. Sebagai contoh baterai merupakan direct material yang merupakan penyusun barang  dalam sebuah perakitan notebook.
    Kadang orang bingung membedakan raw material dan direct material. Sebelum masuk ke production maka akan disebut raw material, setelah masuk ke production maka raw material yang merupakan penyusun yang mudah ditelusuri ini masuk menjadi direct material.
  2. Direct Labor
    Direct labor ini merupakan tenaga kerja langsung yang bertugas memproduksi barang tersebut. Sebagai contoh adalah tenaga yang merakit notebook dalam perusahaan produsen notebook. Gaji dan tunjangan-tunjangan dari karyawan yang bertugas langsung dalam perakitan ini dimasukkan ke dalam direct labor
  3. Overhead
    Overhead ini merupakan biaya-biaya yang dibebankan ke dalam proses produksi selain direct material dan direct labor. Kita akan membahas manufacturing overhead pada artikel berikutnya

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian manufacturing cost
× Ada yang dapat saya bantu ?