Secure Email Services

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai direct material, direct labor dan sekilas mengenai manufacturing overhead. Kita telah mempelajari bahwa manufacturing overhead adalah biaya-biaya selain dari direct material dan direct labor.

Manufacturing overhead ada 3 macam yaitu

  1. Indirect material
    Indirect material ini merupakan material yang sulit ditelusuri sebagai bagian dari barang jadi. Sebagai contoh adalah lem yang digunakan untuk pembuatan produk furniture. Juga termasuk dalam indirect material adalah barang yang terlalu kecil untuk diperhitungan sebagai bahan penyusun sebagai contoh adalah mur kecil dalam pembuatan alat berat.
  2. Indirect labor
    Indirect labor ini adalah biaya tenaga kerja yang sulit ditelusuri sebagai bagian biaya sebuah produk. Sebagai contoh adalah biaya tenaga kerja yang mengawasi pekerja-pekerja yang menjalankan proses produksi.
  3. Other manufacturing cost
    Other manufacturing cost yang merupakan manufacturing overhead ini merupakan biaya-biaya yang lain antara lain beban depresiasi, penggunaan listrik, pajak bumi dan bangunan pabrik, biaya asuransi,  dan biaya pemeliharaan pabrik  seperti jasa kebersihan, keamanan dan lain sebagainya.
    Yang juga termasuk dalam other manufacturing cost ini adalah biaya overtime premium dan biaya idle time. Kita akan membicarakan biaya overtime premium dan biaya idle time pada artikel berikutnya.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian manufacturing overhead
× Ada yang dapat saya bantu ?