Secure Email Services

Kita telah membicarakan mengenai opportunity costs di mana jika kita memilih suatu pilihan, maka yang tidak terpilih ini merupakan opportunity cost yang kita dapat mengukurnya. Masih berkaitan dengan opportunity cost ini kita perlu membicarakan out of pocket cost

Secara sederhana kita memahami out of pocket cost adalah uang yang kita korbankan dari dompet kita untuk mendapatkan suatu manfaat. Pengertian ini kita perluas lagi bulan hanya uang yang kita korbankan tetapi juga aset-aset yang lain misalnya barang yang dijadikan sebagai alat penukaran. Pada saat memilih pilihan-pilihan kita harus memperhitungkan mengenai out of pocket costs ini. Dengan demikian kita dapat mengukur opportunity cost dengan benar.

Sebagai contoh seseorang ingin main game di sebuah rental dengan biaya 200 ribu selama 2 jam. Pada saat yang sama ditawari menonton konser klasik gratis selama 2 jam dengan harga tiket 200 ribu.
Berikut pertimbangan dalam memilih berkaitan dengan opportunity cost dan out of pocket cost:
a. Jika memilih nonton konser maka mendapatkan manfaat 200 ribu  dan uangnya masih 200 rb.
b. Jika memilih main game maka mendapatkan manfaat 200 ribu tetapi uangnya berkurang 200 ribu.
Dengan demikian maka jika memilih nonton konser maka dia lebih bijak karena lebih memiliki 200 ribu dibandingkan yang memilih main game yang kehilangan uang 200 ribu..

Itulah sedikit penjelasan mengenai out of pocket cost.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian out of pocket cost
× Ada yang dapat saya bantu ?