Secure Email Services

Saat kita belajar mengenai akuntansi maka akan ada penyesuaian-penyesuaian untuk menunjukkan keadaan nyata keuangan perusahaan pada periode tersebut. Secara nyata penyesuaian-penyesuaian dimasukkan sebelum atau beberapa hari setelah periode akuntansi berakhir.

Beberapa transaksi yang biasanya melakukan penyesuaian adalah

  1. Accrued Revenue
    Transaksi accrued revenue ini terjadi jika kita sudah mengirimkan barang atau menyelesaikan pekerjaan tetapi belum dicatat karena kita belum menerima pembayaran.  Ini bisa terjadi kalau kita melakukan pembukuan dengan aplikasi akuntansi biasa.
    Jika perusahaan menggunakan Ultima ERP maka hal ini tidak perlu dilakukan karena pada saat memasukkan Sales Delivery maka sudah diakui sebagai pendapatan perusahaan sehingga pendapatan langsung diakui. Jadi dengan menggunakan Ultima ERP maka kita tidak perlu membuat transaksi penyesuaian atau adjusting entry untuk accrued revenue.
    Accrued revenue merupakan transaksi accrual di mana pengakuan pendapatan sudah terjadi tetapi penerimaan kas belum terjadi.
  2. Accrued Expense
    Transaksi accrued expense bisa terjadi jika beban sudah terjadi tetapi kita belum membayarnya. Sebagai contoh adalah tagihan listrik perusahaan. Dengan menggunakan Ultima ERP kita memasukkan tagihan dengan receive_date mengacu ke tanggal terakhir periode tersebut. Sebagai contoh tanggal 5 Januari 2020 kita menerima tagihan listrik sebesar 1 juta. Maka kita memasukkan transaksi ke Direct Purchase Invoice dengan receive_date diisi 31 Desember 2019. Dengan cara ini maka expense atau beban akan masuk ke periode yang benar.
    Accrued expense merupakan transaksi accrual di mana beban pendapatan sudah terjadi tetapi pengeluaran kas belum terjadi.
  3. Deferred Revenue
    Perusahaan mungkin menerima uang muka pembayaran dari pelanggan sebelum mengirimkan barang atau memberikan layanan yang dibeli pelanggan tersebut. Jika kita melakukan pembukuan biasa mungkin kita perlu menyesuaikan debit pada sales dan kredit pada kewajiban.
    Dengan Ultima ERP kita dapat memasukkan transaksi penerimaan uang muka pelanggan pada Sales Deposit Invoice dan dilanjutkan dengan Sales Payment. Dengan memasukkan transaksi di Sales Deposit Invoice dan Sales Payment maka penerimaan uang muka ini akan masuk sebagai kewajiban. Dengan cara ini maka kita tidak perlu melakukan penyesuan Deferred Revenue jika menggunakan aplikasi Ultima ERP
    Deferred revenue ini merupakan transaksi deferral yaitu penerimaan kas sudah diterima tetapi pendapatan belum dapat diakui karena barang atau layanan belum diberikan atau dikirimkan.
  4. Deferred Expense
    Transaksi deferred expense ini terjadi saat pengeluaran kas sudah dilakukan tetapi belum diakui sebagai beban. Sebagai contoh pembayaran sewa 12 bulan diakui sebagai aset prepaid expensi, kemudian pada akhir tahun harus ada penyesuaian mengenai beban sewa yang sudah dibukukan dan juga nilai aset dari prepaid expense
  5. Biaya depresiasi
    Jika kita mempelajari mengenai fixed asset maka beban akan di bagi-bagi ke beberapa tahun pemakaian. Dengan demikian maka pada akhir tahun perlu melakukan jurnal penyesuaian mengenai biaya depresiasi dan nilai buku dari aset tersebut

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Adjusting entries akhir periode akuntansi
× Ada yang dapat saya bantu ?