Secure Email Services

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai bagaimana siklus produksi berhubungan dengan siklus pendapatan, siklus pengeluaran dan juga departemen sumber daya manusia. Kita akan melanjutkan pembahasan mengenai aktivitas-aktivitas utama dalam siklus produksi. Dalam siklus produksi ini ada empat aktivitas utama dan dijelaskan secara singkat seperti penjelasan di bawah ini.

Empat aktivitas utama dalam siklus produksi adalah

  1. Perencanaan produk
    Pada perencanaan pembuatan produk ini kita akan merancang mengenai bahan baku beserta kuantitas yang dibutuhkan untuk membuat produk. Proses perencanaa kemudian dilanjutkan dengan cara pembuatan produk tersebut. Pada cara pembuatan produk ini akan dibuat daftar aktivitas proses produksi yang pada pabrik-pabrik merupakan daftar aktivitas mesin-mesin pabrik. Tentu saja juga perencanaan produk ini juga mempertimbangkan kebutuhan pasar mengenai harga yang diterima pasar dan juga kualitas yang diterima pasar.
  2. Perencanaan produksi
    Departemen produksi melihat informasi sales order, sales forecast dan stok barang jadi yang ada di gudangnya. Dari ketiga informasi ini departemen kemudian membuat penjadwalan produksi dan membuat order produksi atau production order
  3. Operasional proses produksi
    Setelah mendapatkan informasi production order maka departemen produksi melakukan proses produksi. Pada proses produksi ini sistem informasi akuntansi akan mencatat nilai dari material yang digunakan, tenaga kerja yang digunakan dan juga oberhead yang dibebankan pada barang yang diproduksi.
  4. Akuntansi biaya
    Pada akuntansi biaya, sistem informasi akuntansi menrima informasi mengenai material yang digunakan, tenaga kerja yang digunakan, dan overhead yang dibebankan. Dari informasi ini kemudian akan menghitung cost of goods manufactured dan melaporkannya ke dalam buku besar

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Aktivitas-aktivitas utama produksi
× Ada yang dapat saya bantu ?