Secure Email Services

Salah satu komponen penggajian adalah presensi karyawan. Untuk menciptakan budaya kerja yang baik maka perusahaan perlu memperhatikan tingkat kerajinan dari karyawan-karyawan yang bekerja. Bayangkan jika ada 50 karyawan bekerja pada perusahaan dan ada seorang pekerja yang malas-malasan dan tidak mendapat teguran perusahaan maka bisa dibayangkan ke 49 karyawan yang lain akan kesal dan ikut malas-malasan. Dengan demikian maka perusahaan perlu memperhatikan keakuratan kehadiran karyawan bukan saja karena untuk kepentingan penggajian tetapi juga untuk menciptakan budaya kerja yang baik dengan adanya reward and punishment yang jelas.

Dari penjelasan di atas maka perusahaan perlu mempunyai sistem presensi yang akurat dan otomatis dalam mencatat kehadiran karyawan. Tahap awal teknologi dalam mencatat kehadiran karyawan adalah menggunakan id card yang discan saat karyawan masuk kerja dan pulang kerja. Id card ini juga digunakan dalam proses produksi untuk kepentingan pencatatan alokasi tenaga kerja dalam proses produksi sebuah produk.

Kelemahan presensi id card ini tentu dapat dimanipulasi karena id card dapat dititipkan kepada temannya. Dari kelemahan ini kemudian munculah alat pencatat kehadiran karyawan berdasarkan biometric. Dengan biometric ini maka pencatatan kehadiran tidak dapat diwakilkan karena harus menggunakan bagian tubuh karyawan.

Alat presensi biometric saat ini yang paling banyak dipakai adalah menggunakan finger print. Dengan menggunakan finger print ini maka karyawan harus menempelkan jarinya saat datang ke kantor dan juga menempelkan jarinya saat pulang ke kantor. Dengan alat mesin absensi finger print ini maka kedatangan dan kepulangan karyawan tidak dapat dimanupulasi.

Perkembangan mengenai teknologi biometric dalam pencatatan kehadiran karyawan adalah penggunaan sensor untuk retina mata dan juga face recognition. Mungkin saja teknologi ini akan banyak dipakai di kemudian hari karena teknologi ini tidak memerlukan kontak fisik yang memungkinkan lebih sehat dalam pencegahan penyakit menular.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Akurasi kehadiran karyawan
× Ada yang dapat saya bantu ?