Secure Email Services

Dalam melakukan audit sistem informasi akuntansi kita mengenal risk-based audit approach atau pendekatan audit berdasarkan resiko yang dihadapi perusahaan.

Framework dalam melakukan risk-based audit approach ini adalah

  1. Menentukan fraud atau penyalahgunaan yang dihadapi perusahaan
    Di sini kita akan mendata penyalahgunaan yang telah terjadi baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Juga kita melihat sampai seberapa jauh kerusakan yang ditimbulkannya.
  2. Mengidentifikasi prosedur  pengawasan dalam mencegah, mendeteksi dan mengatasi ancaman
    Team audit akan mempelajari dan memahami pengawasan yang telah diterapkan manajemen.
  3. Melakukan evaluasi terhadap  prosedur pengawasan
    Pada tahap ini team audit akan memeriksa apakah tata cara pengawasan memang sudah sesuai dengan yang seharusnya. Kemudian juga team audit akan memeriksa di tingkat lapangan apakah prosedur pengawasan sudah dilaksanakan sesuai dengan yang telah dirncanakan.
  4. Mengevaluasi adanya kelemahan dari pengawasan
    Team audit kemudian mengumpulkan bukti-bukti yang akurat dan sesuai dengan keadaan saat ini. Akan lebih baik kalau ada prosedur pengawasan yang dapat mengatasi kelemahan dari prosedur yang lain

Framework pendekatan audit berdasarkan resiko ini akan meembuat team audit memiliki pemahaman yang jelas mengenai fraud dan resiko maupun tingkat kerusakan yang mungkin terjadi. Team audit kemudian akan membuat perencanaan dan pengevaluasi prosedur pengawasan. Hasilnya tentu adalah rekomendasi mengenai pengawasan dan pengendalian yang lebih baik pada Sistem Informasi Akuntansi atau SIA.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Audit berdasarkan resiko
× Ada yang dapat saya bantu ?