Secure Email Services

Bagi perusahaan-perusahaan yang sangat memperhatikan keamanan data dan aplikasi, maka modifikasi aplikasi program merupakan area yang sangat penting untuk diawasi supaya tidak disusupi program-program yang dapat merugikan perusahaan. Untuk itu team audit harus mengawasi agar modifikasi program sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan tidak disisipi dengan program yang berbahaya.

Langkah-langkah audit yang bisa dilakukan dalam audit modifikasi program adalah

  1. Membuat daftar kebutuhan perubahan
    Perusahaan perlu menyusun daftar kebutuhan ini untuk memberikan arahan kepada programmer untuk melakukan modifikasi aplikasi dan juga memberikan  arahan team audit untuk dapat mengawasi proses perubahan aplikasi.
  2. Otorisasi dalam perubahan source code
    Untuk keamanan modifikasi aplikasi maka perlu ada pengecekan source code dan juga persetujuan manajemen mengenai hasil modifikasi yang telah dilakukan.
  3. Pengetesan di server development
    Untuk memastikan bahwa modifikasi program adalah sesuai dengan kebutuhan perusahaan, maka perubahan modifikasi aplikasi ini perlu dicoba di server yang berbeda dengan yang sedang digunakan. Percobaan ini perlu dilaksanakan dalam server development. Team audit harus membuat perhitungan manual untuk memasstikan keakuratan data yang dihasilkan dalam modifikasi program. Dalam percobaan ini jangan menggunakan data benar, ataupun jika menggunakan data benar silahkan dilakukan pengacakan sehingga programmer tidak mengetahui data realnya.
  4. Pemisahan tugas dalam melakukan pemrograman dan memasukkan perubahan ke server produksi
    Untuk alasan keamanan maka yang memasukkan modifikasi program ke server produksi adalah orang yang berbeda dengan yang melakukan pemrograman perubahan aplikasi.
  5. Dokumentasi yang baik
    Untuk dapat melakukan manajemen perubahan yang baik maka dokumentasi yang baik perlu dilakukan untuk pengembangan ke depan yang lebih baik

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Audit modifikasi aplikasi
× Ada yang dapat saya bantu ?