Secure Email Services

Berkaitan dengan proses audit sistem informasi akuntansi, team audit perlu memastikan keakuratan dan kelengkapan proses transaksi dalam sistem informasi akuntansi. Team auditor perlu membuat serangkaian skenario untuk memastikan bahwa transaksi berjalan dengan benar, bebas dari kesalahan maupun kecurangan yang disengaja.

Ada tiga hal yang bisa dilakukan oleh team auditor yaitu

  1. Melakukan testing dengan berbagai data
    Pada tingkatan ini team auditor akan mencoba aplikasi dengan menggunakan data yang mungkin dan data yang tidak mungkin.
    Tentu saja untuk data yang mungkin team auditor perlu memeriksa apakah pemrosesan dan hasil dari data yang yang mungkin ini benar dibandingkan dengan perhitungan manual dari team auditor.
    Untuk data yang tidak mungkin team auditor perlu memeriksa apakah sistem mampu mendeteksi kesalahan dan memberikan peringatan ataukah sistem memproses saja transaksi yang tidak mungkin ini.
  2. Menempelkan program untuk audit
    Ini level di atasnya yang lebih sulit yaitu membuat program tambahan untuk ditempelkan aplikasi dan kemudian mencatat log dari transaksi-transaksi tertentu untuk diperiksa team audit.
  3. Memeriksa source code aplikasi
    Jika team auditor mendeteksi adanya suatu kecurangan dalam transaksi maka team auditor dapat memeriksa source code yang digunakan aplikasi tersebut untuk menentukan di mana terdapat kecurangan jika ada. Di sini memerlukan tenaga ahli di bidang pemrograman yang digunakan oleh aplikasi tersebut

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Audit proses transaksi sistem informasi
× Ada yang dapat saya bantu ?