Secure Email Services

Pada saat kita belajar akuntansi kita akan mempelajari bahwa pada saat posting dari journal ke buku besar maka akan ada informasi yang saling mereferensikan satu sama lain antara jurnal dengan buku besar. Dengan saling menghubungkan satu sama lain ini akan memudahkan kita menelusuri transaksi baik menelusuri dari jurnal ke buku besar maupun sebaliknya dari buku besar ke jurnal.

Audit trail juga harus bisa diterapkan dalam sistem informasi akuntansi. Kita harus bisa melakukan tracing dari document transaksi ke jurnal, kemudian dinaljutkan dari jurnal ke buku besar. Kita juga harus dapat menelusuri dari buku besar, kemudian sampai ke jurnal dan sampai ke document terkait.

Dengan sistem informasi akuntansi yang terintegrasi dengan baik kita juga dapat menelusir dari document utama ke dokumen-dokumen turunan-turunannya.

Sebagai contoh dari Sales Order kita dapat menelusuri ke Sales Delivery, Sales Invoice dan juga Sales Payment. Begitu juga kita dapat menelusuri Sales Return maupun juga Sales Allowance. Kita juga dapat menelusuri dari document yang ada dalam rangkaian ini misalnya Sales Invoice ke document lain.

Contoh lain adalah document Purchase Order. Dari Purchase Order ini kita dapat menelusuri document Purchase Receive, Purchase Delivery, Purchase Invoice dan Purchase Payment. Begitu juga kita dapat menelusuri jika ada Purchase Return maupun Purchase Allowance. Kita juga dapat menelusuri dari document yang di tengah misalnya Purchase Payment dan kita juga dapat menelusuri dokumen-dokumen terkait.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Audit trail dalam transaksi keuangan
× Ada yang dapat saya bantu ?