Secure Email Services

Dalam mengembangkan aplikasi SIA (Sistem Informasi Akuntansi), programmer harus memahami bahasa-bahasa yang digunakan DBMS (Database Management System). Programmer harus memahami bagaimana membuat database, memasukkan dan melakukan pembaruan data, dan bagaimana membaca data. Interaksi antara programmer dengan database ini menggunakan bahasa database yang sudah ditentukan sebelumnya.

Bahasa-bahasa dalam DBMS adalah

  1. DDL atau Data Definition Language
    Kita memahami Data Definitioan Language ini adalah bahasa bagaimana kita membuat database, membuat table, membuat view dan sebagainya. Secara teknik kita dapat menggunakan SQL (Structural Query Language) menggunakan perintah CREATE.
  2. DML atau Data Manipulation Language
    Dari definisinya kita bisa memahami bahwa Data Manipulation Language adalah bahasa untuk memanipulasi data. Pengertian memanipulasi data ini adalah menambah data, mengubah data, atau menghapus data.
    Dalam dunia SQL (Structural Query Language)  kita dapat menggunakan perintah INSERT, UPDATE atau DELETE.
  3. DQL atau Data Query Language
    Pada DQL atau Data Query Language ini merupakan fasilitas SQL (Structural Query Language) untuk mencari data, mengurutkan data dan tentu saja membaca data. Secara teknis kita dapat membaca data dengan perintah SELECT.

Pada penjelasan di atas kita melihat proses yang sangat berbahaya yaitu mengenai DDL dan DML. Proses DDL atau membuat definisi database dan proses DML atau manipulasi data ini harus melalui program yang dibuat dengan hati-hati supaya program dapat berguna dengan baik.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Bahasa DBMS (Database Management Sistem)
× Ada yang dapat saya bantu ?