Secure Email Services

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai pengertian dari data warehouse atau gudang data. Dari gudang data ini kita kemudian ingin mengolahnya menjadi informasi penting yang dapat dijadikan landasan pengambilan keputusan. Dari sinilah muncul istilah Business Intelligence .

Jadi pengertian Business Intelligence adalah melakukan analisa sejumlah besar data untuk mengambil keputusan-keputusan yang strategis.
Ada dua cara utama yang digunakan pada Business Intelligence ini yaitu
1. OLAP yang merupakan kependekan dari Online Analytical Processing
2. Data Mining

Teknik OLAP atau Online Analytical Processing adalah teknik menganalisa data menggunakan query. Sedangkan data mining mengunakan cara yang lebih canggih misalnya menggunakan kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

Tentu saja supaya analisanya akurat maka datanya juga harus akurat. Pada saat memasukkan data pertama kali pastikan ada validasi supaya datanya benar. Jangan sampai masukan sampah maka keluaran juga sampah.

Data warehouse yang merupakan sumber dari business intelligence harus disimpan secara hati-hati dan cermat. Data warehouse ini harus dibackup secara teratur dan juga ada metode enkripsi dalam backup dan restore.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian Business Intelligence
× Ada yang dapat saya bantu ?