Secure Email Services

Laporan penjualan, laporan laba rugi perusahaan dan laporan arus kar merupakan indikator kesehatan perusahaan. Tetapi laporan-laporan ini tentu merupakan hasil kerja keras yang sudah dilakukan dalam product development, pemberian layanan yang berkualitas dan cepat kepada pelanggan yang menghasilkan kepuasan pelanggan yang baik sehingga menghasilkan penjualan yang baik, bertumbuhnya keuntungan perusahaan dan juga kas positif yang masuk perusahaan.

Dengan melihat penjelasan di atas maka ternyata ada proses-proses sebelumnya yang perlu diperhatikan agar perusahaan dapat bertumbuh dengan baik. Di sini perusahaan perlu memperhatikan hal-hal penting lain yang menjadi penentu keberlangsungan perusahaan. Manajemen perlu memperhatikan aspek-aspek menyeluruh dari operasional perusahaan. Di sini lahirlah balance score card.

Dengan demikian maka perusahaan perlu memperhatikan aspek-aspek berikut ini:

  1. Finansial
    Pada aspek finansial perusahaan dapat melakukan penilaian dalam hal
    a. Penjualan
    b. ROI
    c. Arus kas
    Perusahaan perlu membuat penilaian secara kualitatif dan kuantitatif sehingga ada angka-angka yang jelas untuk menunjukkan kinerja keuangan perusahaan.
  2. Pelanggan
    Pada aspek pelanggan ini kita harus memperhatikan kepuasan pelanggan. Di sini perusahaan perlu membuat serangkaian alat ukur untuk mengukur kepuasan pelanggan. Repeat order merupakan indikasi yang baik dalam menentukan aspek kepuasan pelanggan
  3. Operasional internal perusahaan
    Perusahaan perlu terus-menerus meningkatkan kualitas barang dan layanan, kecepatan layanan dan juga efisiensi dalam memberikan layanan. Dengan bantuan aplikasi ERP kita dapat mengukur aspek-aspek ini. Dengan demikian perusahaan yang ingin terus berkembang membutuhkan aplikasi yang terintegrasi antara operasional dan juga keuangan.
  4. Inovasi dan pembelajaran
    Pada asepk inovasi dan pembelajaran ini perusahaan perlu meningkatkan skill dari karyawan baik dalam memproduksi barang dan jasa maupun memberikan layanan kepada pelanggan. Keberhasilan dari sisi inovasi dan pembelajaran ini akan menghasilkan kualitas barang yang baik dan kepuasan pelanggan yang tinggi.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Balance scorecard dan pertumbuhan perusahaan
× Ada yang dapat saya bantu ?