Secure Email Services

Supaya sistem informasi yang dibuat perusahaan aman dari penyalahgunaan, maka perusahaan perlu membuat budaya di mana semua karyawan perusahaan menyadari pentingnya keamanan sistem informasi. Setelah semua karyawan menyadari pentingnya keamanan sistem informasi maka perusahaan perlu naik tingkat lagi yaitu menciptakan budaya sadar keamanan sistem informasi.

Di sini top manajemen harus mencanangkan dan tentu saja memberi contoh dalam penerapan kesadaran keamanan sistem informasi. Sebagai contoh mengenai pentingnya password, maka top manajemen juga harus dapat menunjukkan contoh bagaimana merahasiakan password dalam login ke sistem informasi.

Secara praktis pada awal penerapan budaya sadar keamanan sistem informasi ini perlu pelatihan.
Sebagai contoh pelatihan bagaimana jika ada yang pura-pura menjadi sistem administrator jaringan dan meminta password anda ? Di sini tentu saja harus disimulasikan bahwa tidak boleh menyampaikan password dengan alasan apapun.

Contoh lain adalah penggunaan ruangan dalam perusahaan. Tentu ada ruangan yang hanya boleh dimasuki karyawan, ada ruangan khusus yang hanya boleh dimasuki karyawan tertentu dan sebagainya. Di sini perlu simulasi bagaimana jika ada teman atau saudara kita yang datang, apakah boleh masuk atau tidak.

Untuk membuat budaya ini semakin kuat dan juga untuk memastikan bahwa budaya ini terus ditaati maka perusahaan juga perlu memberlakukan hukuman atau sangsi jika ada pelanggaran. Sangsi atau hukuman ini juga untuk menunjukkan bahwa perusahaan serius menerapkan standar keamanan yang tinggi mengenai keamanan sistem informasi. Dengan cara ini maka pelaksanaan budaya sadar keamanan sistem informasi ini dapat berjalan terus.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Budaya sadar keamanan sistem informasi
× Ada yang dapat saya bantu ?