Secure Email Services

Setelah team audit membuat perencanaan audit maka langkah selanjutnya adalah pengumpulan bukti audit. Tentu saja team audit punya keterbatasan waktu dan tenaga sehingga tidak mungkin mengaudit seluruh data dan informasi. Dengan demikian maka team audit akan melakukan audit pada data yang acak dan juga data yang memiliki kemungkinan tinggi ada masalah.

Beberapa cara umum pengumpulan bukti audit adalah

  1. Observasi kegiatan karyawan.
    Di sini kita akan mempelajari job description karyawan dan tentu saja diikuti dengan melihat apa yang benar-benar dikerjakan karyawan.
  2. Membaca dokumentasi sistem dan standard operating procedures
    Dengan membaca dokumentasi maka akan memudahkan team audit untuk mengerti proses bisnis perusahaan dan tentunya memeriksa mengenai penerapan standard operating procedure yang telah ditetapkan.
  3. Diskusi dengan karyawan berkaitan dengan topik yang diaudit
    Dengan melakukan diskusi dengan karyawan maka akan menambah informasi kepada team audit mengenai apa-apa saja yang telah terjadi di perusahaan.
  4. Membuat questionare kepada karyawan-karyawan untuk pengumpulan data dan informasi
    Untuk membuat data statistik atau keperluan lainnya, team audit dapat membuat sejumlah daftar pertanyaan yang akan diisi oleh karyawan.
  5. Menghitung aset fisik untuk melihat kecocokan antara catatan dan fisik
    Untuk memastikan aset perusahaan dijaga dengan baik, team audit akan melakukan penghitungan salah satu atau beberapa aset perusahaan apakah sesuai dengan catatan akuntansi.
  6. Mengecek data dengan pihak lain
    Team audit dapat memeriksa catatan piutang dan dengan secara acak dapat mengeceek ke pelanggan yang bersangkutan untuk memastikan bahwa tidak ada piutang perusahaan yang telah disalahgunakan.
  7. Menghitung ulang suatu catatan akuntansi
    Team audit dapat memeriksa catatan akuntansi dengan menghitung secara manual misalnya perhitungan penyusutan.
  8. Memeriksa dokumen pendukung transaksi
    Di sini team audit dapat memeriksa apakah proses pembayaran kepada vendor didukung oleh bukti-bukti seperti penerimaan barang dan juga tagihan dari vendor.
  9. Melakukan analisa mengenai data-data yang didapatkan
    Sesuai kemampuan yang dimiliki maka team audit akan menganalisa semua bukti temuan-temuan yang didapatkan. Di sini team audit dapat menggunakan rasio-rasio keuangan misalnya perbandingan piutang dengan penjualan untuk menentukan kesehatan keuangan perusahaan.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Pengumpulan bukti audit
× Ada yang dapat saya bantu ?