Secure Email Services

Perkembangan teknologi saat ini mengarah ke penggunakan komputasi dalam cloud. Cloud ini mengambil manfaat dari berkembangnya besarnya bandwitdh yang disediakan oleh penyedia jasa internet atau ISP (Internet Service Provider). Perkembangan bandwitdh yang semakin besar dan berkembangnya teknologi virtualisasi menciptakan penyedia-penyedia layanan cloud.

Penyedia layanan cloud ini meletakkan layanan cloud pada infrastruktur berbasis teknologi virtualisasi. Pada teknologi virtualisasi ini memungkinkan sebuah server besar diisi dengan aplikasi-aplikasi yang berfungsi sebagai virtual server. Virtual-virtual server inilah yang kemudian disewakan kepada pelanggan-pelanggan yang berfungsi seperti server biasanya.

Dengan teknologi virtualisasi ini maka kita dapat membuat virtual server sesuai kebutuhan dengan sangat cepat kurang dari satu jam. Pelanggan-pelanggan tinggal menyewa virtual bulanan mulai dari per menit, per jam, per bulan atau bisa menyewa tahunan untuk mendapatkan harga yang lebih baik. Secara ekonomis ini menguntungkan pelanggan karena menyewa server jauh lebih hemat dibandingkan harus membeli server sendiri, membuat data center dengan pendingin yang bagus, dan menggaji karyawan untuk merawat server.

Membicarakan keamanan maka kunci utamanya adalah metode authentication pengguna aplikasi SIA (Sistem Informasi Akuntansi). Di sini merupakan pintu masuk dari aplikasi, jika perlu buat beberapa lapis pintu supaya aplikasi kita aman. Sebagai contoh adalah memberikan lapisan pintu VPN dimana sebelum masuk ke aplikasi kita maka pengguna harus masuk ke VPN. Dengan demikian maka aplikasi kita dijaga oleh VPN, tanpa masuk dulu ke VPN maka kita tidak dapat masuk ke aplikasi kita.

Mungkin manajemen akan menanyakan keamanan dan kerahasiaan data kita. Mengenai keamanan secara system, penyedia cloud pasti sudah mengupayakan seaman mungkin dalam pengelolaan cloudnya. Secara kerahasiaan penyedia cloud juga tidak akan membaca data dari penggunanya dan pasti sudah memberikan benteng-benteng agar semua karyawan cloud tidak memiliki akses dan kemampuan membaca data-data pengguna cloudnya.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Cloud Computing dan Sistim Informasi Akuntansi
× Ada yang dapat saya bantu ?