Secure Email Services

Pada aktivitas pengendalian pada perusahaan ini perusahaan akan membuat kebijaksanaan, prosedur dan aturan dalam melakukan sistem pengendalian dan kemampuan menangani resiko-resiko yang mungkin terjadi. Manajemen bertanggung jawab memberikan sistem pengendalian yang baik dan aman.

Di sini perusahaan harus

  1. Memilih aktivitas pengendalian dan mengembangkannya
  2. Menggunakan teknologi dalam menjalankan aktivitas pengendalian
  3. Membuat serangkain kebijaksanaan, prosedur dan aturan untuk memastikan aktivitas pengendalian dapat dijalankan dalam mengantisipasi resiko-resiko yang dihadapi perusahaan

Seperti halnya peribahasa bahwa pencegahan lebih baik daripada pengobatan maka sistem pengendalian yang dirancang sejak awal lebih baik daripada pengendalian yang baru dilakukan setelah terjadi bencana. Berbagai pihak mulai manajer, sistem analis, programmer, staf maupun para pengguna berbagai aset perusahaan perlu dilibatkan dalam pengendalian sistem dalam perusahaan.

Perusahaan juga perlu meningkatkan system pengawasan pada saat tertentu misalnya libur panjang, libur sekolah atau tanggal-tanggal yang banyak manusia merasa banyak waktu untuk melakukan kecurangan-kecurangan. Demikian pengantar mengenai sistem pengawasan dan pengendalian untuk menjaga aset-aset perusahaan dari resiko kecurangan atau resiko fraud.

 

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Aktivitas pengendalian internal perusahaan
× Ada yang dapat saya bantu ?