Secure Email Services

Sebagai bagian dari pengawasan internal maka perusahaan perlu memberikan pengawasan-pengawasan untuk memastikan aplikasi dijalankan dengan benar dan tidak ada penyalahgunaan aplikasi untuk keuntungan pribadi. Di sini perusahaan memerlukan pertimbangan-pertimbangan dalam control design atau dalam perancangan pengawaasan.

Control design consideration atau pertimbangan-pertimbangan dalam perancangan pengawasan adalah sebagai berikut

  1. Validitas atau validity
    Pada validitas ini akan memastikan bahwa interaksi dalam transaksi benar. Sebagai contoh apakah pengeluaran kas diberikan kepada vendor yang benar
  2. Otorisasi atau authorization
    Pada otorisasi ini akan memastikan apakah transaksi sudah berjalan dengan otoritasi yang benar misalnya ada yang mengajukan dan ada yang menyetujui.
  3. Akurasi atau accuracy
    Pada akurasi ini akan memastikan apakah data dimasukkan secara akurat dan juga apakah data diproses secara akurat juga.
  4. Keamanan atau security
    Pada keamanan ini akan memastikan apakah data yang disimpan aman dari perusakan data atau dari akses ilegal.
  5. Pengawasan dalam penomoran atau numerical control
    Perusahaan perlu menerapkan penomoran dokumen untuk memastikan tidak penyalahgunaan dokumen. Penomoran sebaiknya dilakukan secara otomatis melalui aplikasi untuk kemudahan dan pengamanan yang lebih baik.
  6. Ketersediaan atau availability
    Pada ketersediaan ini kita perlu memastikan bahwa ketersediaan aplikasi adalah sesuai kebutuhan pelanggan. Dengan adanya teknologi cloud maka ketersedian aplikasi bisa mencapai 99,9% bahkan 100%.
  7. Kemudahan pemeliharaan atau maintainability
    Di sini pengembang perlu membuat prosedur pengembangan sistem lebih lanjut tanpa mengganggu ketersediaan, keamanan dan juga integritas.
  8. Integritas atau integrity
    Berkaitan dengan integritas data maka pengertian data yang memiliki integritas adalah data yang lengkap, terotorisasi dengan baik dan dapat disajikan pada saat dibutuhkan.
  9. Audit trail
    Pada audit trail ini ini perlu dipastikan bahwa transaksi dapat ditelusuri sampai dengan dokumen awal, sebaliknya dari dokumen awal bisa ditelusuri sampai transaksi akhir

Control design atau perancangan pengawasan ini merupakan bagian dari pengembangan sistem aplikasi menggunakan metodologi SDLC yang merupakan kependekan dari System Development Life Cycle. Control design ini ada pada tahapan Physcal Systems Design.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Pertimbangan Control Design dalam SDLC
× Ada yang dapat saya bantu ?