Secure Email Services

Kita tahu bahwa barang untuk bahan baku (Raw Material), barang setengah jadi (Work In Process) ataupun barang jadi (Finished Goods) merupakan aset perusahaan karena dari penjualan barang jadi inilah perusahaan dapat mendapatkan keuntungan secara ekonomi dan mendatangkan aliran kas masuk yang bisa dipakai untuk membiayai operasional perusahaan dan juga memberikan pertumbuhan bagi perusahaan. Mengingat pentingnya tiga jenis barang ini bagi perusahaan, maka perusahaan perlu menjaga dan mencegah pencurian maupun penyalahgunaan aset-aset perusahaan ini.

Berbicara mengenai perpindahan barang dalam proses produksi maka pertama-tama tentu perpindahan bahan baku atau raw material dari gudang bahan baku ke lokasi produksi. Di sini perlu dilakukan otorisasi perpindahan barang yang sebaiknya dimulai dari production order. Tindak lanjut dari production order ini adalah material request, dari material request ini kemudian dilanjutkan dengan move order yang akan mengirimkan bahan baku atau material dari gudang bahan baku ke lokasi produksi. Pada move order ini harus jelas siapa yang mengirimkan dan siapa yang menerima.

Pada proses produksi mungkin ada material tambahan yang diperlukan. Di sini juga perlu otorisasi dalam material request dan move order. Selain itu mungkin juga ada sisa bahan baku yang dikembalikan ke gudang bahan baku. Pada saat bahan baku berpindah ke lokasi produksi maka secara akuntansi menjadi WIP atau Work In Process atau barang setengah jadi. Perusahaan harus menjaga aset WIP ini dari pencurian, penyelahgunaan dan tentu saja kerusakan.

Pada saat suatu production order selesai maka akan menghasilkan barang jadi atau finished good. Pada saat otorisasi penyelesaian production order ini akan mentrigger proses selanjutnya yaitu perpindahan barang dari lokasi produksi ke gudang barang jadi atau finished goods. Secara akuntansi ini akan memindahkan WIP (Work In Process) ke FG ( Finished Goods).

Penjagaan aset perusahaan harus dilakukan dari aspek fisik maupun dari aspek otorisasi. Gudang penyimpanan barang harus dirancang agar aman dari pencurian dan memiliki satu pintu keluar.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Memantau perpindahan barang dalam proses produksi
× Ada yang dapat saya bantu ?