Secure Email Services

Setelah kita membahas mengenai hirarki database pada SIA (Sistem Informasi Akuntansi) maka kita akan melanjutkan pembahasa mengenai data warehousing. Apakah data warehouse itu ?

Dari kata yang dipakai kita bisa mengartikan sebagai gudang data. Dan benar data warehouse ini memang mengacu kepada gudang data. Gudang data ini ini merupakan data dari operasioanal yang dikumpulkan dari beberapa tahun. Dengan demikian maka ukuran dari data warehouse ini bisa besar sekali. Karena data warehouse ini besar sekali maka tentu membutuhkan sumber daya komputasi yang tinggi untuk dapat membaca dan menganalisa date warehouse ini.

Dengan demikian maka sebaiknya gudang data ini terpisah dari database operasional supaya tidak mengganggu operasional sehari-hari perusahaan. Dengan pemisahan dari database operasional ini, maka kita dengan mudah mengkonfigurasi, mematikan dan menghidupkan sesuai dengan kebutuhan kita

Kemudian apa pentingnya gudang data ini terhadap SIA (Sistem Informasi Akuntansi)? Dengan adanya gudang data ini maka kita bisa menganalisa operasional perusahaan. Data warehouse ini merupakan dasar dari BI atau Business Intelligence.

Informasi lebih lanjut mengenai data warehouse silahkan mengunjungi https://en.wikipedia.org/wiki/Data_warehouse .

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

 

Pengertian data warehouse
× Ada yang dapat saya bantu ?