Secure Email Services

Pembuatan laporan keuangan yang tidak menggunakan sistem database membutuhkan berjam-jam untuk menghasilkan laporan yang akurat.  Dengan menggunakan database yang tersistematis maka kita laporan keuangan  akan tersaji kapan saja. Dan tentu keakuratan laporan keuangan juga tergantung kedisiplinan.

Sisten database ini akan membawa banyak kemajuan dalam SIA (Sistem Informasi Akuntansi). Laporan yang cepat tersaji memudahkan komunikasi antara perusahaan dengan pemangku kemungkinan. Investor,  pemberi pinjaman maupun instansi terkait dapat dengan cepat mengambil keputusan strategis untuk kemajuan bersama.

Dari sisi manajemen juga memberi kesempatan untuk melihat berbagai aspek operional berpegang pada database yang sama. Hal ini juga memberi kesempatan kepada manajer perusahaan untuk mengambil langkah korektif maupun peningkatan kinerja perusahaan. Sebagai contoh kita dapat mengetahui history pembelian suatu barang sehingga kita dapat menentukan harga jual setelah diskon.

Keuntungan ERP (Enterprise Resources Planning) dalam SIA (Sistem Informasi Akuntansi) adalah integrasi data keuangan dan data operasional. Dengan demikian pada saat kapanpun kita melihat data operasional dan data keuangan secara tepat bersamaan.

Dengan demikian sistem database menambah nilai tambah informasi yang dihasilkan sistem. Tentu saja supaya informasi yang dihasilkan dapat berfungsi optimal dan maksimal  maka  akuntan yang bekerja menangani perusahaan tersebut harus memahami rancangan database yang dibuat.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Sistem database dan laporan keuangan
× Ada yang dapat saya bantu ?