Secure Email Services

Kita sudah mempelajari mengenai balance score card yang akan memperhatikan aspek-aspek penting dalam perusahaan agar perusahaan dapat terus berkembang dan bertumbuh dengan baik di masa-masa mendatang. Aspek-aspek yang telah kita pelajari meliputi aspek keuangan, aspek pelanggan, aspek proses internal dan aspek pembelajaran oleh sumber daya manusia perusahaan. Dengan demikian maka perusahaan perlu memiliki aplikasi yang dapat melakukan penilaian dari keempat aspek tersebut.

Salah satu bagian dari pembuatan aplikasi ini adalah perancangan database. Proses perancangan database perusahaan adalah seperti berikut ini:

  1. Analisa sistem
    Fase analisa sistem merupakan fase awal dalam proses perancangan database. Pada fase ini akan dilakukan penilaian mengenai perlunya pembuatan aplikasi ini. Dalam fase ini akan dikumpulkan informasi mengenai kebutuhan user dan juga scope atau batasan-batasan yang akan dibuat dalam aplikasi ini. Kebutuhan mengenai perangkat lunak dan perangkat keras juga dibicarakan dalam fase ini.
  2. Perancangan konsep
    Pada perancangan konsep ini akan membicarakan skema dalam konsep pada level internal dan eksternal.
  3. Perancangan fisik
    Setelah kita merancang konsep  maka konsep ini dibuat ke dalam tabel-tabel dalam database.
  4. Implementasi dan konversi
    Pada fase ini akan dilakukan konversi dari data lama ke database yang baru ini.
  5. Operasional dan pemeliharaan
    Setelah semuanya siap maka aplikasi dengan sistem database baru ini digunakan. Aplikasi ini harus dipelihara agar dapat terus digunakan dan perlu dibackup secara realtime untuk mengatasi jika terjadi bencana

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Proses perancangan database
× Ada yang dapat saya bantu ?