Secure Email Services

Pada artikel sebelumnya kita telah sampai kepada output design sebagai bagian dari tahapan physical systems design pada SDLC (System Development Life Cycle). Setelah output design maka kita akan melanjutkan dengan database design. Pada database design ini kita akan membuat tabel-tabel yang ada di RDMS (Relational Database Management System).

Langkah-langkah database design pada tahapan physical systems design SDLC ini adalah

  1. Perancangan relasi-relasi dalam REA (Resources, Events, Agents)
  2. Perancangan field dalam setiap Resource, setiap Event, dan setiap Agent
  3. Perancangan tabel

Pada perancangan database ini kita juga mempertimbangkan apakah semua proses bisnis dijalankan secara realtime online ataukan ada yang dilakukan offline kemudian pada akhir hari dilakukan bacth processing. Ada beberapa proses yang bisa dipertimbangkan offline seperti transaksi di mesin POS (Point Of Sales) karena membutuhkan proses yang cepat. Transaksi POS ini pada pergantian shift dilakukan penutupan dan dilakukan upload ke server utama dengan batch processing.

Seberapa kecepatan pertumbuhan data juga perlu dipikirkan dalam database design ini supaya tidak terjadi proses yang lambat atau hang saat terjadi transaksi. Prosedur pemeliharaan sistem dan backup data perlu dipersiapkan juga dalam database design ini.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Database Design dalam Physical System Design SDLC
× Ada yang dapat saya bantu ?