Secure Email Services

Perusahaan tentu menginginkan diagram REA (Resources Event Agent) yang akurat. Kita dapat mengecek keakuratan diagram REA pada level enteprise ini dengan sejumlah kriteria-kriteria untuk pengecekan.

Kriteria pengecekan diagram REA terpadu yang akurat adalah

  1. Setiap event terhubung dengan minimal sebuah resource
  2. Setiap event terhubung dengan 2 agent yang berperan pada event tersebut
  3. Setiap event yang terhubung dengan pengeluaran sebuah resource harus ada event lain terkait penerimaan sebuah resources
  4. Setiap resources harus terhubung dengan event terkait penambahan resources tersebut dan juga terhubung dengan event terkait pengurangan resource tersebut
  5. Jika ada event tidak dapat terhubung bersama-sama dengan 2 atau lebih event yang lain, maka kardinalitasnya minimum event tersebut menjadi 0. Ini terjadi pada penggabungan dua atau lebih siklus bisnis perusahaan, di mana pada setiap siklus minimalnya satu, tetapi setelah penggabungan menjadi 0 karena tidak bisa terjadi relasi yang simultan pada event-event yang lain tersebut.
    Sebagai contoh siklus pembelian, event pembayaran kas terhadap event inventory minimal 1.
    Pada siklus payroll, event pembayaran kas dengan event time sheet minimal 1.
    Setelah penggabungan minimal 0.
  6. Jika event tidak dapat terhubung bersama-sama dengan 2 atau beberapa agent, maka kardinalitas minimum untuk event menjadi 0. Ini terjadi pada penggabungan dua atau lebih siklus bisnis perusahaan, di mana pada setiap siklus minimal event satu, tetapi setelah penggabungan minimal event menjadi 0 karena tidak bisa terjadi relasi yang simultan pada resource-resource tersebut.
    Sebagai contoh relasi pembayaran kas  terhadap agent vendor memiliki minimal 1 pada siklus pembelian.
    Relasi pembayaran kas pada penggajian terhadap karyawan yang menerima gaji minimal 1 pada siklus payroll.
    Setelah penggabungan, karena tidak mungkin keduanya terjadi pada proses yang sama maka kardinalitasnya menjadi 0

Itulah kriteria-kriteria yang dapat digunakan untuk REA level enterprise atau REA level perusahaan. Pada REA level enterprise ini akan tersusun secara terpadu REA dari setiap siklus bisnis perusahaan misalnya siklus bisnis pendapatan, siklus bisnis pengeluaran, siklus bisnis produksi, siklus bisnis payroll, siklus bisnis sumber daya manusia dan seterusnya.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Diagram REA terpadu yang akurat
× Ada yang dapat saya bantu ?