Secure Email Services

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas pengantar internal control atau dalam bahasa Indonesia adalah pengendalian internal. Pada artikel kali kita akan membahas dua macam internal control atau pengendalian internal yaitu:
a. General Control atau pengendalian secara umum
b. Application Control ataua pengendalian di tingkat aplikasi

Dua macam internal control atau dua macam pengendalian internal itu adalah

  1. General Control
    General Control ini dalam bahasa Indonesianya adalah pengendalian umum. Di sini kita membuat semaca m SOP atau Standard Operating Procedures berkaitan company policy atau kebijaksanaan perusahaan. Kita dapat menerapkan mencari karyawan yang berkelakuan baik, pemisahan tugas untuk pekerjaan yang memungkinkan terjadinya kecurangan, mengendalikan aset fisik perusahaan, infrastruktur teknologi informasi perusahaan yang baik, penggunaan applikasi yang dapat diandalkan dan juga pemeliharaan yang baik untuk infrastruktur IT maupun aplikasi yang digunakan.
  2. Application Control
    Pengendalian pada Application Control ini berarti pengendalian pada tingkat aplikasi.
    Di sini kita harus dapat memastikan bahwa data yang diinput pada SIA (Sistem Informasi Akuntansi) adalah akurat. Data yang diinput juga harus lengkap. Kemudian data ini juga harus valid. Proses pemasukan data harus ada proses otorisasi yang memiliki fungsi juga pemisahan tugas untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya fraud atau meminimalkan terjadinya kecurangan.
    Data juga harus dimasukkan secara aman dan juga menghasilkan laporan yang akurat

Itulah dua macam pengendalian internal atau internal control yang kita bicarakan saat ini.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Dua macam internal control
× Ada yang dapat saya bantu ?