Secure Email Services

Pada artikel-artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai privacy dan confidentiality dan kita akan membicarakan mengenai encryption dan decryption sebagai salah satu bagian dari penerapan privacy dan confidentiality ini. Untuk menjaga privacy dan confidentility ini maka informasikan akan disandikan mulai dari pengirim kemudian dikirimkan lewat jaringan internet kemudian sampai kepada penerima sandi ini dibuka.Proses penyandian ini disebut encryption sedangkan proses pembukaan sandi ini disebut decryption.

Pada proses encryption ini informasi asli disebut sebagai plaintext atau kita memahami sebagai teks apa adanya. Plaintext ini kemudian disandikan dengan suatu algoritma dilengkapi dengan kunci tertentu yang telah disepakati sehingga kemudian menjadi ciphertext. Jika orang membaca ciphertext ini maka tidak akan bisa memahami maksudnya karena isinya terlihat acak-acakan. Inilah yang disebut encryption.

Sebaliknya saat sampai di penerima, ciphertext ini dibuka menggunakan algoritma dengan kunci yang telah disepakati tadi dan menghasilkan plaintext. Plaintext ini merupakan pesan asli yang dikirimkan oleh pengirim. Penerima tentu dengan mudahnya membaca pesan ini karena ini merupakan pesan asli. Inilah yang disebut decryption.

Tingkat keamanan encryption ini ditentukan oleh

  1. Panjang kunci
    makin panjang kunci tentu makin aman
  2. Algoritma yang digunakan
  3. Cara menyimpan kunci
    Jika kunci disimpan secara rapat maka tentu aman, tetapi jika kunci sudah tersebut tentu saja tidak aman

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian encryption dan decryption
× Ada yang dapat saya bantu ?