Secure Email Services

Kita sudah membicarakan mengenai diagram REA (Resources, Events, Agents) pada sebuah siklus proses bisnis perusahaan. Supaya kita memiliki gambaran menyeluruh mengenai seluruh proses bisnis perusahaan maka kita perlu membuat diagram pada level perusahaan atau kita menyebutnya sebagai Enterprise REA.

Untuk membentuk enterprise REA ini kita akan menyatukan diagram REA siklus pendapatan, diagram REA, siklus pengeluaran, diagram REA siklus produksi, diagram REA siklus payroll dan siklus bisnis-bisnis perusahaan. Kita akan menggabungkan masing-masing siklus proses bisnis perusahaan ini hingga menghasilkan diagram REA pada level perusahaan yang sudah terintegrasi satu dengan yang lain.

Pada REA level enterprise ini maka resources-resources yang sama dijadikan pada sebuah resources saja. Begitu juga event-event yang sama juga dijadikan sebuah event. Resource-resources ini kemudian dihubungkan dengan event-event dan agent-agent seperti sebelumnya. Begitu juga event-event juga dihubungkan dengan resources-resources seperti sebelumnya. Pada tahap ini tidak ada duplikasi resource maupun duplikasi event.

Pada REA level enterprise atau level perusahaan ini kita dapat melihat bagaimana menambah suatu resources dan mengurangi resources. Sebagai contoh inventory bertambah saat pembelian dan inventory berkurang saat penjualan. Begitu juga uang kas perusahaan bertambah saat menerima pembayaran dari hasil penjualan barang, dan kas perusahaan berkurang saat membayar ke supplier terkait pembelian barang.

Untuk agent-agent yang sama tidak perlu dijadikan satu demi kesederhanaan diagram. Jika dipaksakan maka akan banyak persilangan yang membuat diagram lebih rumit. Untuk itu maka biarkan agent-agent terlihat adanya duplikasi. Kardinalitas pada enterprise REA ini juga bisa berubah karena ada kondisi yang wajib di satu siklus tetapi tidak pada siklus lain. Sebagai contoh dalam pengeluaran kas mewajibkan adanya penerimaan barang pada siklus pembelian, tetapi tidak wajib pada siklus pembayaran biaya beban listrik.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Diagram REA pada tingkat perusahaan
× Ada yang dapat saya bantu ?