Secure Email Services

Untuk meningkatkan keuntungan perusahaan secara umum perusahaan akan melakukan dua hal yaitu meningkatkan pendapatan dan mengurangi pengeluaran. Berkaitan dengan pembelian barang untuk dijual kembali kepada pelanggan-pelanggannya maka perusahaan harus mempertimbangkan biaya-biaya dalam pembelian, biaya-biaya pemeliharaan inventory dan juga kerugian jika order pelanggan yang tidak bisa dilayani karena tidak adanya barang yang seharusnya dikirim kepada pelanggan.

Kita tentu mengetahui bahwa makin banyak jumlah barang yang kita beli dari supplier maka akan besar diskon yang diberikan sehingga kita dapat melihat harga pembelian menjadi turun. Tetapi di sisi lain pembelian yang besar membutuhkan gudang yang besar dan tentu saja biaya pemeliharaan terutama biaya listrik juga besar. Dengan demikian maka kita perlu membuat keseimbangan dalam jumlah kuantitas pembelian supaya biaya pembelian dan biaya pemeliharaan rendah.

Perusahaan juga perlu menjaga agar barang yang ada di gudang cukup untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Tetapi jika terlalu banyak maka akan meningkatkan biaya pemeliharaan dan ada kemungkinan juga kualitas barang turun jika disimpan di dalam gudang. Meskipun demikian jika barang terlalu sedkit maka kita dapat kehabisan barang sehingga kita gagal melakukan penjualan dan gagal mendapatkan pendapatan.  Inilah yang disebut biaya stockout

Dengan demikian dalam melalukan order kepada supplier kita perlu memperhatikan tiga macam biaya yaitu

    1. Biaya pembelian
      Di sini makin banyak barang yang dibeli tentu harganya semakin murah.
    2. Biaya pemeliharaan
      Makin banyak barang tentu memerlukan gudang yang besar, listrik yang besar dan biaya pemeliharaan yang besar.
    3. Biaya stockout
      Stock yang kurang akan menyebabkan gagalnya penjualan. Nilai kegagalan penjualan inilah yang disebut stockout cost.

Dari hasil dari ketiga biaya akan mendapatkan kuantitas yang tepat secara ekonomi. Kuantitas pembelian yang tepat secara ekonomi inilah yang disebut EOQ atau Economic Order Quantity. Ada produk yang fokus pada biaya pembelian dan biaya pemeliharaan seperti barang-barang yang mahal. Ada produk yang fokus pada ketersediaan ini cocok untuk barang yang murah dan awet sepeti suku cadang mesin.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian EOQ (Economic Order Quantity)
× Ada yang dapat saya bantu ?