Secure Email Services

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai primary key. Seperti pada namanya primary key ini merupakan kunci utama pembuka informasi yang ada pada setiap record dalam tabel di dalam sebuah relational database.

Memahami foreign key dapat kita dapat pahami sebagai kunci ke tabel asing atau kunci ke tabel lain. Dengan menggunakan foreign key, sebuah tabel menghubungkan dirinya ke primary key tabel lain.

Pada artikel sebelumnya kita membahas tabel pelanggan dalam tabel sales_order. Kita kemudian berpendapat bahwa nama_perusahaan merupakan primary key dari tabel pelanggan. Kemudian kita membahas bahwa tabel sales_order ini memiliki hubungan dengan tabel pelanggan yang dihubungkan adanya field nama_perusahaan. Secara cepat kita dapat menyimpulkan bahwa field nama_perusahaan merupakan pada tabel sales_order merupakan foreign_key ke tabel_pelanggan dengan field nama_perusahaan .

Tetapi kalau kita perhatikan nama_perusahaan bisa saja salah ketik. Dengan demikian maka akan report jika kita mengubah isi dari nama_perusahaan karena harus mengubah sales_order, sales_delivery, sales_invoice dan seterusnya. Untuk kepentingan praktis ini maka primary key dari tabel pelanggan adalah id pelanggan atau customer_id. Nilai dari customer_id ini ditentukan secara otomatis oleh aplikasi dan tidak pernah diubah. Selanjutnya tabel sales_order, sales_delivery, sales_invoice dan seterusnya akan menggunakan foreign key customer_id untuk menghubungkan ke primary_id dari tabel_customer.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Foreign key dalam relational database
× Ada yang dapat saya bantu ?