Secure Email Services

Profesor Roberts Simons dari Harvard mengemukakan empat tuas pada pengendalian atau control dalam perusahaan. Keempat tuas ini dalam bahasa Inggris disebut four levers of control.

Four Levers of Control dalam perusahaan adalah

  1. Belief System
    Pada belief system ini perusahaan menanamkan nilai-nilai perusahaan. Nilai-nilai perusahaan ini akan menentukan etika dari perusahaan. Dari etika perusahaan ini karyawan-karyawan akan menyesuaikan dirinya dengan etika perusahaan ini. Karyawan yang tidak setuju dengan etika perusahaan akan tersaring saat rekruitmen atau kalau dia mau bekerja di sana harus menyesuaikan dengan nilai-nilai perusahaan. Inilah cotnrol pada bagian Belief System.
  2. Boundary System
    Pada boundary ini akan menentukan apa yang tidak diperbolehkan dalam mengerjakan proses bisnis perusahaan. Pada level corporate, boundary system ini berarti industri apa yang pasti tidak akan dimasuki oleh perusahaan. Boundary system ini akan membuat fokus perusahaan menjadi lebih jelas, juga fokus pekerjaan karyawan juga jelas. Inilah yang disebut boundary system yang merupakan bagian dari four levers of control.
  3. Diagnostic Control System
    Diagnostic control system akan mengevaluasi hasil yang telah dicapai dibandingkan dengan target. Secara umum perusahaan memiliki target pangsa pasar, target penjualan bersih, target keuntungan bersih dan sebagainya. Pada setiap kurun waktu tertentu pencapaian akan dibandingkan dengan target kemudian menghasilkan feedback atau umpan balik kemudian dilanjutkan dengan proses penyesuaian demikian seterusnya. Inilah yang disebut diagnostic control system.
  4. Interactive Control System
    Pada interactive control system ini perusahaan akan membuat sistem komunikasi yang interaktif berkaitan dengan suatu fokus tertentu dari perusahaan. Direktor akan berkomunikasi interaktif dengan manajer-manajer. Manajer-manajer akan berkomunikasi interaktif dengan supervisor. Supervisor akan berkomunikasi interaktif dengan staf-stanya. Inilah yang disebut interactive control system.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Four levers of control dalam perusahaan
× Ada yang dapat saya bantu ?