Secure Email Services

Pada sistem informasi informasi akuntansi kita mengenal beberapa siklus revenue cycle, expenditure, payroll cycle, financing cycle dan production cycle. Pada setiap siklus ini ada event yang give resources dan get resource. Jadi dalam REA (Resources, Events dan Agents) ini ada event yang memberikan atau mengeluarkan suatu sumber daya, dan ada event yang mendapatkan sumber daya atau get resources.

Berikut give dan get resources pada setiap siklus bisnis perusahaan

  1. Revenue cyle atau siklus pendapatan
    Pada revenue clycle ini terjadi give resources saat pengiriman barang dan get resources pada saat menerima pembayaran dari pelanggan.
  2. Expenditure cycle atau siklus pengeluaran
    Pada siklus ini perusahaan akan mengeluarkan kas dan mendapatkan barang atau jasa. Sebagai contoh dalam siklus pembelian barang perusahaan akan mendapatkan barang dan tentu membayar pembelian itu sesuai harga yang telah disepakai.
  3. Payroll cycle
    Pada payroll cycle ini perusahaan akan mengeluarkan kas perusahaan dan tentu mendapatkan tenaga kerja dari karyawan.
  4. Financing cycle
    Perusahaan mungkin memerlukan pembiayaan dalam menjalankan perusahaannya. Perusahaan dapat meminjam dan kemudian mendapatkan dana segar, kemudian pada tiap bulan perusahaan akan mengeluarkan kas untuk membayar cicilan
  5. Production cycle
    Pada production cycle ini gudang akan mengeluarkan bahan baku dan mendapatkan barang jadi.

Itulah give dan get resources dan pemodeling REA(Resources, Events, dan Agents) dalam beberapa siklus bisnis yang ada dalam perusahaan.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Give to get resources dalam siklus bisnis
× Ada yang dapat saya bantu ?