Secure Email Services

Dalam framework COBIT 5 ini kita mengenal governance dan manajemen pada perusahaan. Governance ini dikerjakan oleh board of director. Pada governance atau tata kelola ini board of director akan

  1. Memahami kebutuhan pemangku kepentingan dan menentukan tujuan-tujuan yang akan dicapai perusahaan
  2. Membuat prioritas mengenai tujuan-tujuan yang akan dicapai tersebut kepada manajemen
  3. Melakukan monitoring mengenai pencapaian tujuan-tujuan tersebut

Manajemen bertanggung jawab dalam membuat perencanaan, menentukan langkah-langkah nyata,  menjalankan dan melakukan pemantauan atas tujuan-tujuan yang telah ditetapkan oleh board of director sesuai dengan prioritas-prioritas yang telah ditetapkan.

Sudah barang tentu harus ada komunikasi yang baik antara board of director dan manajemen. Board of director dan manajemen dapat saling memberikan feedback atau umpan balik dalam menjalankan suatu tujuan perusahaan. Tentu saja harus ada cukup fleksibilitas dengan tujuan supaya apa yang telah ditetapkan bersama dapat dicapai untuk sama-sama mencapai tujuan kemajuan perusahaan.

Pada sisi manajemen ada proses-proses manajemen yaitu

  1. APO: Align, plan, dan Organize
  2. BAI: Build, Acquire, dan Implement
  3. DSS: Deliver, Service dan Support
  4. MEA: Monitor, Evaluare dan Assess

Demikian pengantara mengenai governance dan manajemen. Aktifitas-aktifitas yang dikerjakan dalam governaance dan manajemen ini diharapkan memberikan nilai tambah kepada perusahaan. Dengan nilai tambah ini maka diharapkan perusahaan dapat memenangkan persaingan pasar, memberikan tambahan keuntungan perusahaan, memajukan perusahaan dan meningkatkan kesejahteraan para stakeholder atau meningkatkan kesejahteraan para pemangku kepentingan.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Governance dan manajemen perusahaan
× Ada yang dapat saya bantu ?