Secure Email Services

Pengertian hashing secara praktis adalah pengawalan suatu dokumen apakah sudah berubah atau belum. Pada proses hashing ini bit-bit dari masing karakter dalam dokumen akan dihitung sedemikian rupa dengan algoritma tertentu dan akan menghasilkan  suatu hasil tertentu dengan panjang yang telah ditentukan. Secara teknis pengubahan satu huruf saja dalam satu dokumen ini akan mengubah hashnya.

Teknik ini dipakai jika kita mengirimkan dokumen. Kita akan mengirimkan dokumen dan juga hashnya. Penerima akan menghitung ulang nilai dari hashnya, jika hashnya hasil perhitungan sama dengan hash yang dikirimkan sama maka berarti dokumen utuh belum ada yang mengubah. Sebaliknya jika hash yang dihitung berbeda dengan yang yang dikirimkan maka bisa dipastikan dokumen telah ada perubahan.

Hashing ini berfungsi satu arah yaitu bahwa dari dokumen bisa dihasilkan suatu hash, tetapi sebaliknya dari hash kita tidak dapat membentuk dokumen. Jadi hashing ini berbeda dengan enkryption, karena pada encryption ada proses decryption, sedangkan pada hashing tidak ada proses unhashing. Ini semua karena tujuan dari hashing adalah untuk pengecekan integritas dokumen.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi https://en.wikipedia.org/wiki/Hash_function .

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian hashing
× Ada yang dapat saya bantu ?