Secure Email Services

Salah satu cara mempercepat arus kas masuk perusahaan adalah mempercepat pembayaran dari pelanggan. Salah satu cara mempercepat pembayaran dari pelanggan adalah memberikan potongan khusus untuk pembayaran yang lebih cepat. Di sini penjual menikmati arus kas masuk yang cepat dan di sisi pembeli menikmati penghematan pembayaran untuk pembelian. Di sini perusahaan perlu memperhatikan team payment dari supplier untuk menghemat arus kas keluar.

Supplier mungkin memberikan term of payment potongan 1% jika perusahaan membayar dalam waktu 10 hari. Secara kasar perusahaan dapat menghemat 18% per tahun jika membayar dalam 10 hari sesuai term yang diberikan supplier. Dengan demikian maka perusahaan dapat menghemat arus kas keluar 18% dari tagihan ini.

Pada sistem informasi akuntansi kita dapat memasukkan tagihan dari vendor/supplier ini dengan informasi term payment misalnya:
a. Discount due date
b. Discount top (term of payment) rate.
Setelah informasi ini dimasukkan maka staf pembayaran perlu memantau dan membuat penjadwalan pembayaran agar perusahaan mendapatkan diskon yang maksimal. Setelah proses pembayaran selesai maka sistem informasi akuntansi dapat diprogram agar membuat purchase invoice allowance jika
a. Tanggal terakhir pembayaran masih dalam tenggang waktu discount due date
b. Total pembayaran adalah senilai dari tagihan dikurangi discount

Selain pertimbangan penghematan arus kas keluar dengan membayar cepat supplier, maka perusahaan juga perlu mempertimbangkan pengeluaran-pengeluaran perusahaan dalam waktu dekat. Di sini staf bagian keuangan perlu membuat anggaran arus kas perusahaan untuk memperkirakan arus kas masuk dan arus kas keluar dalam jangka waktu tertentu untuk memastikan pembayaran cepat ke supplier tidak menganggu aliran kas perusahaan.

Kunjungi www.ultima-erp.id untuk menambah wawasan anda.

Menghemat kas keluar dengan membayar cepat supplier
× Ada yang dapat saya bantu ?